Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Kamis, November 28, 2013

Nge-net aman ketika di warnet

Maunya sih ngenet di rumah, apa daya kuota habis atau modem lagi lemot, ujung - ujungnya cari warnet. Nggak asing dong dengan warnet, apalagi termasuk penyelamat jika modem tiba - tiba lemot. Keberadaan warnet pada umumnya tidak sulit untuk dicari. Termasuk aku, karena lokasinya dekat dengan rumah, jadi nggak jarang menggunakan jasa warnet tersebut. Tarif yang murah pastinya sebagai daya tarik. Tetapi berhubung warnet bukannlah barang pribadi, maksudnya satu komputer bukan hanya kita yang menggunakan, pastinya banyak user yang menggunakan komputer tersebut untuk browsing. Nah, bagaimana caranya agar nge-net aman saat di warnet? Tentu saja dengan menghapus jejak kita. Sebenarnya sih cukup mudah, tetapi banyak hal yang mudah itu diremehkan. Nah, karena itu mau share tentang tips nge-net aman saat di warnet :

1. Untuk tips ini menggunakan browser Google Chrome. Untuk menghilangkan jejak, pada prinsipnya itu sama, yaitu mencari letak/kata "History". Setelah sign out semua akun yang telah kita kunjungi, tugas pertama kita adalah mencari letak "History" pada Google Chrome. Untuk mencari letak "History" di Google Chrome yaitu terletak di pojok kanan atas (menu customiz and control google chrome), kemudian klik. Lalu kita akan melihat list dan pilih "History" (ditandai di dalam gambar dengan nomer 2), kemudian klik.




     Untuk info saja, (Nomer 1 pada gambar di atas) adalah gambar dimana kita belum sign out akun Google, karena masih terlihat jelas nampak nama akun kita. Wajib di sign out dulu ya kalau kita browsing di warnet.



BACA JUGA : TIPS BELANJA GADGET DENGAN AMAN.




2. Ini merupakan laman "History".



3. Kemudian klik "Clear Browsing Data" kemudian akan muncul tampilan seperti ini.


     Pada kolom centang (gambar nomer 1), dicentang semuanya (clear browsing history, empty the cache, dll) menurutku sih agar data yang biasanya seperti jejak kita atau pasword benar - benar hilang.

    Lanjut lagi ke nomer 2 (pada gambar di atas) menunjukkan waktu atau  "History" yang akan dihapus. Ada 5 pilihan yaitu ( the past hour, the past day, the past week, the las 4 week, the beginning of time ) pilih "the beginning of time" yang berarti awal waktu. Meskipun kita mulai browsing setahun yang lalu, dengan klik pilihan "the beginning of time" , maka "History" kita akan terhapus. Setelah klik kita akan menunggu sebentar untuk proses menghapus "History".

Nomer 3 (pada gambar di atas) tandanya jika kita masih satu hari browsing.

Selesai sudah!!!! Tak perlu cemas ketika nge-net karena dengan menghapus jejak kita, tak ada orang yang tahu kita telah melakukan browsing apa saja. Pernah sih kejadian waktu browsing di warnet. Eh, melihat "History" di komputer yang aku gunakan, ternyata user sebelum aku download "begituan", serem. Untung langsung aku hapus. Daripada dibuat yang bukan-bukan oleh user lainnya.

"History" ini juga bisa digunakan oleh orangtua yang mengawasi anak-anak ketika mereka menggunakan internet. Cek saja "History"nya, ketahuan kan buat apa saja ketika menggunakan internet, dengan catatan anak-anak belum tahu caranya menghapus "History".

Semoga bermanfaat.

5 komentar:

  1. yep mba, yang aman memang tetap perlu melakukan langkah-langkah diatas, paling praktis jika warnet (biasanya) terpasang prg DeepFreeze, tinggal shutdown...data-data/jejak kita akan ikut hilang.

    BalasHapus
  2. yep mba, yang aman memang tetap perlu melakukan langkah-langkah diatas, paling praktis jika warnet (biasanya) terpasang prg DeepFreeze, tinggal shutdown...data-data/jejak kita akan ikut hilang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihiii.. gitu ya.. maklum ini, aku user yang masih manual :D
      makasih Mas infonya

      Hapus
    2. Saya pernah juga beberapa tugas kerja di WARNET baik sebagai operator maupun sebagai petugas BILING. Pengalaman menunjukkan USER atau PENGUNJUNG adalah raja. Namun biar pun mereka datang kasih uang (makai warnet kita) tetap saja ADMIN bertanggung jawab atas security (Keamanan jaringan) dan kenyamanan para pengunjungnya

      Hapus
  3. kalau google chrome, saya lebih suka pakai "ctrl + shift + N" , ini mode rahasia, semua history tak ada yang tersimpan, coba deh mbak

    BalasHapus

Maaf moderasi terlebih dahulu, karena banyak spam. Terimakasih yang sudah berkomentar :)