Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Rabu, Maret 26, 2014

Recycle, Mengurangi Sampah Rumah Tangga.

Menjaga dan merawat lingkungan telah menjadi syarat mutlak untuk menciptakan lingkungan bersih dan sehat. Apalagi kalau sudah memasuki musim hujan, masalah klasik yaitu genangan sampah selalu menjadi pekerjaan rumah dimana setiap tahun selalu muncul dan berdampak buruk bagi kita, mulai dari bau yang menyengat, belum lagi sampah juga membawa penyakit. Tidak dipungkiri sampah yang berasal dari rumah tangga juga turut andil dalam menumpuknya sampah. Jika setiap tahun populasi manusia selalu meningkat, berapa kali lipat sampah yang dihasilkan oleh manusia itu sendiri?

Mulai dari sekarang, kita harus belajar untuk mendaur ulang (recycle) sampah yang sulit diurai. Manfaat dari recycle sampah itu sendiri selain untuk mengurangi tumpukkan sampah sebenarnya masih ada daya jual dari sampah, tentu saja jika kita kreatif untuk mendaur ulang. Sampah yang biasanya digunakan atau paling tepat didaur ulang adalah sampah plastik, karena memang sampah plastik susah sekali untuk diurai dan plastik itu sendiri masih bisa dimanfaatkan dengan merubah wujudnya.



BACA JUGA :MENCEGAH PENYEBAB GATAL




Sebelum mendaur ulang, lebih baik memilih dan memilah mana sampah plastik yang akan didaur ulang dan mana sampah basah (sayuran, buah - buahan) yang bagus untuk dibuat kompos. Contoh kasus di rumahku adalah adanya tumpukkan gelas minuman plastik. Warna dan bentuknya masih bagus. Nah, muncul ide untuk membuat bros bunga dari sampah gelas plastik.

Gelas plastik yang akan didaur ulang

Koleksi Pribadi

Bisa menjadi bros cantik atau bisa juga dijadikan gantungan kunci.



Dari satu gelas plastik kira - kira bisa menjadi 3 - 4 bros maupun gantungan kunci. Tidak seperti bros pada umumnya, karena ini berasal dari plastik tentunya sangat ringan. Selalu ada jalan keluar jika kita dapat memanfaatkan apa yang ada disekeliling kita.

Ada juga kaos bekas yang bisa didaur ulang menjadi tas. Bisa berfungsi sebagai pengganti tas belanja yang terbuat dari kantong plastik.

Koleksi pribadi.


koleksi pribadi,


Tentunya jika recycle dapat mengurangi sampah rumah tangga kita, bisa juga cara ini kita bagi dengan menuliskannya melalui media blog. Semakin luas penyebarannya akan semakin bermanfaat bagi pembaca blog dan semakin banyak anggota keluarga yang mendaur ulang sampah menjadi sesuatu lebih berguna.


6 komentar:

  1. Kreatif banget Mba Sari. Kalo bros itu apa plastiknya dipanaskan dahulu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pertamax Mas Daniiiii \o/
      iya pakai lem tembak :)

      Hapus
  2. gelas jadi tempat pensil, tempat tissu, udah biasa,, keren yg ini bisa disulap jd bros.. mau dong mbak dibikinin :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh Mbak, tapi tuker sama uang lima ribu ya *kemudian promosi* :)))

      Hapus
  3. bros dari gelas plastik ,unik bangat ya

    BalasHapus
  4. Semoga tulisannya menginspirasi banyak pembaca ya... :-)

    BalasHapus

Maaf moderasi terlebih dahulu, karena banyak spam. Terimakasih yang sudah berkomentar :)