Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Minggu, Oktober 12, 2014

Ngeblog itu sia - sia?

"Ngapain kamu ngeblog?" "Apa untungnya ngeblog?" "Apa enaknya ngeblog?" "Sia - sia aja kamu ngeblog, buang waktu!"

Pernah enggak sih ada sebuah sindiran atau malah omongan yang secara langsung kamu dengar melalui telingamu sendiri, rasanya tuh... sakitnya di sini *nunjuk hidung*. Tapi, meskipun mendapatkan sindiran, mengapa jumlah blogger tidak menurun, malah banyak blogger - blogger yang masih muda "membanjiri" dunia maya.

Suatu tindakan pastinya diawali dengan niat, pun ngeblog diawali dengan niat. Masih ingat apa niat awalmu untuk ngeblog? Hobi? Dokumentasi? Cari duit? Bikin buku? Kamu sendiri yang bisa menjawab. Kalau aku sih, memang ikut - ikutan bikin blog. Berawal dari lihat teman satu kos yang setiap hari pergi ke warnet, berjam - jam nulis, utak - atik ini itu, tapi ajaibnya, si temanku tidak merasa rugi dengan waktu yang dikorbankan di depan komputer warnet. Dan, coba tebak apa yang aku pikirkan saat itu? Yup! aku seperti orang kebanyakan yang nyinyir tentang blog, "Apa gak ada pekerjaan lain, selain nulis seperti itu?"



BACA JUGA : SUKA DUKA NGEBLOG




Ternyata dibalik kerja kerasnya, si temanku ini bercerita keasyikannya tentang ngeblog dan bertemu dengan teman - teman yang memiliki passion yang sama yaitu kuliner, teman yang dia miliki tidak hanya dari dalam negeri saja, melainkan juga ada di negara tetangga bahkan di belahan dunia, hanya gara - gra ngeblog!

Oke, aku tergiur. Siapa sih yang enggak mau dikenal dan banyak teman yang keren, apalagi kalau punya kenalan chef rumahan yang profesional? Banyak feedback hanya gara - gara nulis dan jepret makanan. Dari situlah aku mulai ngeblog, hasilnya? Blarrr!! aku tutup akun, karena blogku sepi dan jarang update, dan benar - benar merasa blog ini pekerjaan yang sia - sia.

Mulai ngeblog lagi sekitar lima bulan kemudian (setelah kejadian tutup akun), masih penasaran mengapa blogku sepi, sementara blog temanku semakin ramai, bahkan dia memenangkan beberapa challenge kuliner yang diadakan temannya yang diluar negeri. Apa kamu tahu apa kesalahanku itu? Aku ngeblog sendirian, ini kesalahan pertama, blogger tanpa bergabung komunitas, dia bukan apa - apa. Siapa yang mau baca postingan blog, kalau enggak masuk komunitas, bagaimana tulisan kita bisa berkembang tanpa ada feedback dari teman - teman komunitas blogger. Ya, lebih baik kita masuk ke dalam komunitas blogger daripada kita tersesat sendirian, menjadi member blogger medan, misalnya.

Apa sampai di situ saja? Rasanya aku bukan tipe yang merasa puas, meskipun masuk ke dalam komunitas blogger, amat sangat bermanfaat. Tapi, jumlah blogger lebih dari sepuluh ribu, bahkan hampir jutaan, bagaimana caranya aku bisa "terlihat" di antara ribuan blogger, baik yang sudah bertahun - tahun ngeblog maupun blogger yang baru sebulan ngeblog.

Iya, bagiku ngeblog itu merupakan pencarian identitas kita, siapa kita, dan bagaimana kita. Blog merupakan media yang gratis dan bisa dipakai siapa saja, semakin unik blog yang dibangun, semakin "mencolok" identitas kita sebagai blogger.

Sebut saja Trinity traveler, tentunya pikiran kita langsung menebak "Oh itu ya blogger yang sudah keliling dunia." "Traveler yang sudah menerbitkan buku bestseller."

Lalu, akan timbul pertanyaan.

"Siapakah aku?"

"Aku ingin dikenal sebagai blogger apa?"


Semua jawabannya akan muncul ketika kita terus - menerus (setidaknya secara kontinu) menulis postingan di blog. Teruslah menulis, biarkan pembacamu yang memberimu jalan dan jawaban, siapakah dirimu. Mungkin, bagi yang mengatakan ngeblog itu sia - sia, mereka belum tahu rasanya bagaimana mendapatkan manfaat negblog secara materi maupun manfaat yang "tak kasat mata" bentuk dari buah silaturahmi.

Tentunya semakin hari ingin dong blognya terlihat profesional, seperti halnya blog yang aku miliki ini. Meskipun isinya masih random, tapi sudah ada pembenahan agar terlihat serius mengelola blog, dimulai dari penggunaan domain sendiri. Lebih mudah mengingat sariwidiarti.com daripada sariwidiarti.blogspot.com , bukan? Menggunakan domain sendiri banyak sekali plus-nya, rasakan sendiri kegembiraannya ketika pertama kali menerima job dari ngeblog, sedaaaap!! Nggak perlu jauh - jauh jika ingin mencari jasa domain, Qwords yang merupakan produk Indonesia, siap untuk membuka jalanmu menuju blogger profesional, sssttt... setiap bulan selalu ada penawaran menarik untuk pembelian domain maupun hosting, blog ini juga menggunakan jasa Qwords, yang tak segan - segan untuk bertanya karena support adminya 24 jam.

Dari berjuta - juta penduduk Indonesia, kamu masih ingin menjadi warga Indonesia yang biasa - biasa saja? Ngeblog dan temukan identitasmu yang unik!

Masih menganggap ngeblog itu sia - sia?

17 komentar:

  1. waduh, kalo saya ga ngeblog. saya ga bisa bayar kuliah mbak..

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Ngeblog sia-sia kalau sang pemilik blog gak memanfaatkan blognya untuk hal positif :)
    Setuju mak, blogger tanpa komunitas kayanya bakal susah berkembang. Komunitas juga ngebantu aku banget :)

    BalasHapus
  4. syukurnya gak pernah dapat omongan orang tentang blog aku seperti yang mbak tuliskan di atas
    namun kalau kita kembali ke hukum filsafat *macam ahli filsafat aja gw* gak ada yang sia sia di dunia ini selama itu pekerjaan bersifat positif ;)

    salken mbak sari ya :)

    BalasHapus
  5. Wahhh semangatnya bener2 cakep.
    Sukses mba semoga menang :)

    BalasHapus
  6. awal ngeblog gara2 kesasar tengah malem di daerah Bandung. eh jadi keterusan, sekarang ngeblog udah jadi beiasaan, klo seminggu ga bikin postingan baru itu rasanya ada yang kurang. kayak kamu yang jauh dari aku eh...

    BalasHapus
  7. yang bilang ngeblog itu sia-sia pasti orangnya MINUS kan?
    awal ng'blog jangka waktu seminggu telah menghasilkan pundi tabungan hanya dengan memposting dagangan saya Ubi Cilembu, malahan sampe bisa rehab rumah tuh gara-gara ng'blog..keren kan Ubi cilembu saya..promo dikit...dikit doangan mah boleh kan?

    BalasHapus
  8. pernah banget ada pertanyaan sperti itu tapi sih kebanyakan dari mereka yang gak ngerti apa itu ngeblog

    BalasHapus
  9. kalau saya belum pernah mendapatkan pertanyaan seperti itu.Yg bertanya seperti itu menurut saya, memang org yg tdk mengerti blog,negblog dll dan tdk memiliki passion dlm menulis.

    BalasHapus
  10. dengan ngeblog aku bisa punya banyak teman, saudara,,,dan juga ilmu,,,sampai sekarang aku masih cinta dunia blogging,,,

    BalasHapus
  11. Ngeblog itu berjuta rasanya..nambah ilmu, nambah temen, nambah duit..kalo yang bilang ngeblog itu sia0-sia pasti belum dapet manfaatnya :)
    sukses trs mak :*

    BalasHapus
  12. Ngga ada ngeblog yang sia-sia. Karena ada banyak banget pelajaran ketika ngeblog. Cara nulis, cara bersosialisasi.. :D

    BalasHapus
  13. nge-blog itu "me time" nya sy... nge-blog itu nambah temen,nambah ilmu,nambah wa2san... yg lain2'y adl bonus :D

    BalasHapus
  14. mbak Sari sungkem dirimu menginspirasikuh... ^-^.9 makin kece mbak blognya responsive asik wah saya iri jadinya keren" mbak ada temen dari jogja ini jng dilupain yeh hehe meski buakn chef bukan interchef hahah semngat mbak sari hehe ajarin saya ya pizz

    BalasHapus
  15. Mak, sy blm pede pakai domain sendiri. bagus mak, blognya :)

    BalasHapus
  16. Nge-blog itu apresiasi pengungkapan rasa lewat tulisan. kalau dulu pake buku harian (hehehe, ketauhan tukang curhat deh) kalau beruntung bisa menghasilkan uang dari blog :)

    BalasHapus
  17. Ngeblog selalu membuat saya bahagia karena bisa berbagi banyak hal menarik yg mungkin orang belum tahu :) berbagi itu selalu indah

    BalasHapus

Maaf moderasi terlebih dahulu, karena banyak spam. Terimakasih yang sudah berkomentar :)