Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Kamis, Agustus 20, 2015

3 Keunikan dalam tahu gejrot

Masih seputar pertahuan, kalau postingan sebelumnya adalah tahu aci. Sekarang mau postingan lagi tentang cemilan saat libur lebaran, kemarin. Iya, mumpung mudik, cemilan apapun dilibas aja. Yang penting nggak mikirin berat badan, gitu aja. Huahahaha..

Namanya juga cemilan, seringnya tuh cuma lewat doang dalam perut, nggak mengenyangkan, tapi nggak tahu kenapa hasrat ngemil nggak pernah berhenti. Pengin ngunyah yang belum dirasakan. Kalau di Tegal, sebenarnya sudah pernah makan ini itu, tapi beda aja kalau makan langsung dari kampung halaman. Cemilan di Tegal banyak dijumpai di mana aja, ada yang dari abang - abang yang lewat depan rumah, atau di alun - alun yang surganya makanan.

Berhubung waktu di Tegal banyak berkunjung ke sana - sini, dan pastinya banyak saudara yang kumpul. Daaaaan akhirnya nyegat bapak - bapak penjual tahu gejrot untuk ke rumah yangti, hehehe. Jadi nyemil cantik bareng saudara.

Kalau makan tahu gejrot jangan cuma makan doang, tapi ditelusur karena ada hal menarik di dalam tahu gejrot. Ada 3 keunikan dalam tahu gejrot :

  1. Kalau nggak salah tahu gejrot berasal dari Cirebon ya? Tenaaang, nggak perlu jauh - jauh ke Cirebon (meskipun jarak Tegal - Cirebon dekat, hehehe). Tapi, terpuaskan dengan tahu gejrot yang dijajakan di Tegal. Tahunya tahu pong, kalau nggak salah, ya dalamnya kopong tapi bisa kering gitu tahunya. Kalau tahu yang biasa aku makan, meskipun digoreng, tetep aja masih soft tuh dalamnya tahu. Tahu berongga - rongga biar kuahnya masuk ke dalam *lap iler*.
  2. Ada 3 bumbu dasar. Nggak perlu ribet untuk bikin tahu gejrot, cuma butuh 3 bumbu dasar yaitu cabe rawit, bawang merah dan air gula. Aku tanya ke bapak penjual tahu gejrot, untuk air gulanya tuh terdiri dari gula merah, air dan kecap. Tapi nggak tahu, bawaannya curiga, jangan - jangan ada bumbu rahasia yang nggak diungkapin, lah rasa kuahnya seger gitu, apa pakai asam atau cuka ya? Huahahaha... mungkin hanya penjual tahu gejrot yang tahu *ssssttt rahasia perusahaan*.
  3. Jangan banyak cenges, nanti cengengesan. Huahahaha.. sumpah baru kemarin waktu liburan, tahu apa artinya cenges. Loading lama diajak ngobrol sama tante yang melulu ngomong cenges dan akunya nggah paham.Ternyata cenges itu artinya cabe kecil itu atau cabe rawit, dan tanteku ngomong cenges, karena penginnya banyak cabe biar mantep. Huahahaha... okelah cengeeeees, sekarang aku tahu apa artinya *ngunyah cenges sekilo(

Yuuuk mari kita makan...

tahu gejrot

5 komentar:

  1. aku belum pernah makan tahu gejrot...cuma lewat didepan bakulnya aja sambil lihat bannernya..tp nggak beli hahaha..penasaran sih sebenarnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. rasanya enak mb ...
      dikampungku, 3000 aja dh dpt banyak bngt ... :)

      Hapus
  2. pernah makan ini sekali, enak, pedes-pedes nagih :D

    BalasHapus
  3. enaaak tahu gejrot, aku pernah coba bikin sendiri.

    BalasHapus
  4. aku suka tahu gejrooooot ,,,,hehe

    BalasHapus

Maaf moderasi terlebih dahulu, karena banyak spam. Terimakasih yang sudah berkomentar :)