Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sabtu, Mei 28, 2016

Wisata Sejarah Di Surabaya.


wisata sejarah di Surabaya.


Kalau jalan – jalan ke Surabaya hanya sebatas jalan – jalan ke Mall, sebaiknya mulai hari ini harus bikin daftar tempat wisata sejarah di Surabaya. Kurang afdol rasanya ke kota Pahlawan tapi nggak tahu siapa pahlawannya dan dimana letak lokasi yang bersejarah di Surabaya. Brikut aku berikan ulasan tentang wisata sejarah di Surabaya yang wajib kamu datangi :


Tugu Pahlawan.
Tugu Pahlawan,

Salah satu ikon kota Surabaya yang wajib didatangi meskipun lokasinya yang lapang dan cukup terik saat siang hari, tetapi tugu pahlawan tidak sepi pengunjung. Rata – rata pengunjung yang datang merupakan anak – anak sekolah yang melakukan study tour, komunitas yang mengadakan acara dengan tema tematik, maupun keluarga. Tugu pahlawan biasanya menjadi tempat favorit untuk diadakannnya berbagai festival. Seperti beberapa minggu yang lalu, tugu pahlawan menjadi lokasi start untuk dimulainya festival bunga. Tidak hanya berfungsi sebagai monument peringatan pertempuran 10 Nopember, tetapi juga sebagai pusat aktivitas warga Surabaya.

patung yang terdapat di museum sepuluh nopember.

Masih di satu lokasi, kita juga dapat mengunjungi Museum Sepuluh Nopember, letaknya agak sedikit menjorok ke dalam. Beda dengan lokasi tugu pahlawan, museum ini lebih adem. Tiket gratis untuk pengunjung yang masih sekolah maupun mahasiswa, tunjukkan kartu siswa atau kartu mahasiswa saat di loket. Kalau umum, cukup membayar lima ribu rupiah saja. Ada apa saja sih di museum ini? Berisi tentang artefak berupa patung, baju prajurit, uang kuno dan masih banyak lagi. Yang menjadi daya tarik di museum ini adalah ruangan diorama elektronik, dimana kita bisa melihat perjuangan arek – arek Suroboyo mengusir penjajah dan betapa heroiknya Bung Tomo untuk membakar semangat arek – arek Suroboyo.

dorama yang bisa kamu nikmati, berisi video perjuangan.


Rumah H.O.S Tjokroaminoto.
rumah H.O.S Tjokroaminoto.

“Jika kalian ingin menjadi pemimpin besar, menulislah seperti wartawan dan bicaralah seperti orator” – H.O.S Tjokroaminoto.

Itulah kata bijak dari guru bangsa, H.O.S Tjokroaminoto. Kalau teman – teman masih ingat, setahun yang lalu ada film Tjokroaminoto – Guru Bangsa, tetapi yang dipakai untuk lokasi syuting rumah Tjokroaminoto yang ada di Jogja. Lokasi rumah Haji Oemar Said (HOS) terletak di Jalan Peneleh Surabaya, nantinya akan ada lokal guide yang menceritakan sejarah Tjokroaminto dan pemugaran rumahnya ini. Sejarah Tjokroaminoto tidak lepas dari pergerakan Sarekat Islam (SI) dan rumah inilah menjadi tempat kos sekaligus penggemblengan kader SI, termasuk Bung Karno juga kos di sini, ada kamar yang ditempati oleh Bung Karno sekaligus sebagai tempat latihan berorasi. Untuk pergi ke sini, batas waktunya hingga jam 4 sore ya, kalau lebih dari itu, bisa meminta ijin kepada ketua RT setempat.

Rumah kelahiran Cak Ruslan Abdulgani.

rumah cak ruslan

Ruslan abdulgani merupakan Menteri Luar Negeri Indonesia pada tahun 1956 – 1957 yang lahir di Surabaya, 24 November 1914. Rumah Cak Ruslan ini lebih interaktif “lebih hidup” karena tidak hanya sebagai cagar budaya, tetapi tempat berbagai komunitas di Surabaya yang ingin nongkrong sekaligus menyelami sejarah Surabaya, Rumah ini bisa juga disebut dengan WOS (Warung Omah Sejarah) bisa nongkrong dan ngemil maupun kulinber khas kota Surabaya dengan harga mahasiswa.

tempat duduknya masih asli loh

Di dalam Rumah Cak Ruslan masih banyak kitab sejarah, foto – foto bersejarah, bahkan masih ada tempat duduk yang dipakai untuk pelaminan Cak Ruslan. Nantinya akan ada lokal guide yang menjelaskan tentang Cak Ruslan, sejarah Surabaya sebagai kota pelabuhan, pusat transit para pedagang. Lokal guide dengan senang hati memberikan penjelasan dari setiap pertanyaan tentang sejarah Surabaya, jalur perdagangan dan lain sebagainya. Jika kamu beruntung, masih ada kok saksi hidup dari Cak Ruslan, yaitu Mbah safi’i yang merupakan teman bermain Cak Ruslan sewaktu kecil.

Tempat menginap yang murah di Surabaya.

Banyak akses untuk menuju ke Surabaya, bisa lewat Bandara, terminal, stasiun bahkan bisa juga lewat pelabuhan. Tapi, bagi teman – teman yang ingin traveling ke Surabaya dengan budget yang bersahabat di kantong, wajib nih cari hotel murah di Surabaya. Karena menikmati kota Surabaya nggak cukup hanya sehari saja, apalagi banyak festival di Bulan Mei yang bertepatan lahirnya kota Surabaya. Selain wisata sejarah, juga perlu wisata kuliner, wisata pendidikan atau menikmati wahana permainan yang ada di Surabaya. 

Tapi, karena banyaknya hotel di Surabaya, nggak mungkin dong banding harga hotel satu persatu, untuk booking hotel murah bisa percayakan ke AiryRooms yang merupakan perusahaan yang sudah bermitra dengan berbagai hotel budget terbaik di seluruh Indonesia. Meskipun budget pas di kantong, tetapi fasilitas yang diberikan tetap berkualitas sehingga tetap menikmati kamar hotel dengan nyaman. Fasilitasnya berupa : WiFi gratis, TV layar datar, Air hangat, Pendingin ruangan, Tempat tidur bersih, perlengkapan kamar mandi, dan Air minum gratis.

AiryRooms surabaya

Karena AiryRooms bermitra dengan banyak hotel, jadi kamu bisa leluasa memilih hotel di Surabaya, memilih hotel yang dekat dengan Bandara juga bisa. Harga yang ditawarkan benar – benar harga transparan (harga sudah nett) harga yang kita lihat di web AiryRooms merupakan harga yang kita bayar.

Bagaiamana caranya booking di AiryRooms? Bisa langsung booking lewat web AiryRooms, bisa melalui telpon 0804-111-2479, bisa juga melalui whatsapp 0812-8070-0020. Kemudian konfirmasi pembayaran melalui whastapp Airy dan voucher Airy siap dikirimkan ke alamat email kamu. Datangi lokasi AiryRooms yang telah dipesan. Detail lokasi terdapat di voucher Airy yang telah diterima.

Liburan menyenangkan, budget tetap aman.

4 komentar:

  1. banyak sekali tempat wisata di surabaya ya mbak, kapan2 kalau ada waktu jadi pengen liburan ke surabaya ^_^ hehehe

    BalasHapus
  2. Setahun lalu ke tugu pahlawan pas acara study tour dan tempat penginapannya gak pake bayar alias gratis.. tempatnya panjang dan tidur dibangku.. dan aku bermalam di BUS Study Tour heheee

    BalasHapus
  3. eh kamar hotel airyroom nya juga bekas hotel perjuangan nggak?

    BalasHapus
  4. Rumah H.O.S Tjokroaminoto itu di tengah perkampungan penduduk, ya, Mbak? Dipagar melingkar dan dijaga, ya...?

    BalasHapus

Maaf moderasi terlebih dahulu, karena banyak spam. Terimakasih yang sudah berkomentar :)