Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Minggu, Juni 05, 2016

Agar Berat Badan Tidak Naik Berkali Lipat Saat Puasa.





Rasanya sudah nggak sabar untuk bertemu dengan bulan Ramadan, hanya kurang beberapa hari. Tapi juga was – was karena pernah loh beberapa tahun lalu saat puasa, eh malah berat badan naik. Nah loh, pernah merasakan berat badan naik berkali lipat saat puasa? Berikut tips agar berat badan tetap ideal atau bisa juga sebagai tips untuk diet sehat saat puasa :


1. Puasa harus tetap produktif. Puasa bukan alasan untuk bermalas – malasan, meskipun hari pertama puasa kondisi badan masih butuh penyesuaian. Lakukan aktifitas sehari – hari seperti hari biasa, meskipun ada kegiatan yang dikurangi, misalnya terbiasa untuk berolah raga, seminggu bisa tiga kali sehari, bisa dikurangi seminggu sekali, atau lakukan olah raga yang ringan, tidak menguras tenaga, misalnya jalan santai.
2. Buka puasa bukanlah untuk “balas dendam”. Seharian puasa, pasti mendorong kita untuk makan ini itu, pengin gorengan, kolak, es degan dan masih banyak lagi, hasrat untuk makan lebih besar saat kita merasa lapar, maunya makan apa saja yang terlihat oleh mata. Padahal saat buka puasa tiba, teh hangat dan satu potong kurma, perut sudah merasa kenyang, akhirnya terbuang sia – sia segala macam makanan yang dibeli. Atau jika perut masih lapar dan mampu untuk menghabiskan, malah nggak sehat untuk pencernaan, karena seharian perut kosong, tiba – tiba dipaksa untuk mencerna segala macam makanan dalam satu waktu, dan akhirnya bisa menyebabkan sakit perut, atau jika kekenyangan malah menghambat ibadah kita saat malah hari. Agar terhindar dari perbuatan sia – sia, sebaiknya saat buka puasa makan secukupnya, teh hangat dan kurma. Setelah melakukan sholat tarawih, boleh melanjutkan “makan besar” seperti makan nasi, porsi secukupunya. Jangan terburu – buru untuk tidur, ambil jeda kira – kira 1 jam agar perut benar – benar mencerna makanan yang kita makan.

3. Perbanyak sayur dan buah. Takjil favorit keluarga biasanya adalah gorengan, jika terlalu banyak mengkonsumsi gorengan, juga tidak baik untuk tubuh, menimbun lemak, membuat panas dalam, dan sebagainya. Harus diimbangi dengan asupan sayuran dan buah – buahan. Sayuran dan buah – buahan cara terbaik untuk mendapatkan serat, lebih banyak makan sayur dan buah agar pencernaan lebih sehat, badan lebih segar. Jika mengkonsumsi serat, rasa kenyang juga lebih lama. Apalagi yang susah buang air besar saat puasa karena mengkonsumsi lebih banyak karbohidrat, bisa mengkonsumsi serat agar buang air besar lancar. Terkadang setelah makan gorengan, mulut terasa eneg karena gorengan juga mengandung minyak, bisa loh mengkonsumsi buah agar menetralisir rasa eneg di mulut.

4. Tetap berolah raga. Berpuasa seharusnya tidak membuat kita lemas, loyo atau sakit. Agar tetap bugar dan fit, bisa melakukan olah raga ringan saat puasa. Caranya, lakukan olah raga lima belas menit sebelum buka puasa, mengapa dilakukan sebelum puasa? Kalau olah raga di pagi hari, dikhawatirkan akan membuat tubuh cepat lemas dan capek. Lakukan olahraga ringan, seperti jalan atau lari – lari kecil. Agar tubuh tetap fit, berat badan tetap terjaga dan semakin segar saat menyambut hari Raya Idul Fitri.




Semoga bermanfaat.

6 komentar:

  1. Nah ini yang paling sulit yah. Biar buka puasa ga balas dendam xD. Nanti hrs dirutinin olahraga sblm buka yah biar dibakar dl lemaknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tahaaaaaaaaan biar nggak balas dendam sama gorengan XD

      Hapus
  2. Haha bener banget tuh mba puasa bukan untuk balas dendam. Saya sudah ngumpulin makanan yang banyak waktu sore menunggu adzan . Eh pas udah adzan makan tajil doang udah kenyang. gak kemakan deh makanan yang udah di kumpulin dari sore. Mau paksain makan semua takut kekenyangan gak kuat untuk sholat tarawih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau kekenyangan malas ngapa2in XD

      Hapus
  3. Alhamdulilah tiap kali puasa Ramadan aku turun sekilo dua kilo...t5apiii...usai Ramadan kok yaaa balik naiikkk bobot....

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah ini pe'er banget ya, lebaran makanannya enak2 dan bersantan XD

      Hapus

Maaf moderasi terlebih dahulu, karena banyak spam. Terimakasih yang sudah berkomentar :)