Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Senin, Juni 06, 2016

Olahraga Ringan Yang Bisa Dilakukan Saat Puasa


puasa tidak menghambat aktifitas kamu



Ada yang memanfaatkan momen Ramadan untuk diet? Maunya sih sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui, eh bener kan ya pribahasanya? Kalau lagi puasa, jadi ingat salah satu cara diet yang sedang hits dari beberapa tahun yang lalu, diet OCD yang sepahamanku nggak sarapan, dan makannya pakai sistem jendela makannya, ada yang 8 jam, 6 jam, atau 4 jam.


Tips diet ocd agar berhasil ya harus konsisten, disiplin dengan sistem yang dilakukan. Nah, kalau akunya rasanya kok ya nelan ludah terlebih dahulu. Udah terbiasa dengan sarapan pecel atau nasi kuning, rasanya perut terbiasa dengan makanan berat, eh langsung nggak sarapan. Agar nggak terlalu shock dengan diet meskipun nggak ikutan diet ocd tetapi tetap ingin menjadikan tubuh lebih sehat, coba saja dengan sarapan buah. Sarapan dengan banyak kalori bikin cepat lelah dan ngantuk. Sudah pernah coba sih untuk sarapan buah, dan efeknya lebih seger, nggak mudah ngantuk, dan pencernaan juga lancar. Cari buah – buahan yang segar, nggak harus yang mahal, buah yang tersedia di pasar juga boleh, yang penting makan dengan rasa syukur dan miliki manfaat untuk tubuh. Lakukan sarapan buah secara bertahap. Misalnya terbiasa sarapan jam 6 pagi, ambil beberapa potong buah untuk sarapan. Kemudian makan buah lagi pas jam 8 pagi. Boleh juga sih, lakukan diet dengan cara menyenangkan, nggak perlu tersiksa.



BACA JUGA : ETIKA MERENOVASI RUMAH 



Saat bulan puasa malah lebih enak lagi karena pola makan terjaga asal saat berbuka puasa tidak rakus, insya ALLAH tubuh semakin segar setelah puasa berakhir. Untuk menyeimbangkan, perlu melakukan olahraga agar otot lebih padat nggak menggelambir gitu. Saat puasa jangan melakukan olahraga yang berat, ntar malah tubuh merasa dehidrasi. Berikut olahraga ringan yang bisa kamu lakukan saat puasa :

Treadmill. Kalau nggak ada alat ini, bisa melakukan dengan jalan santai. Lakukan 10 hingga 15 menit sebelum berbuka puasa, bisa loh jalan santai keliling perumahan. Atau sambil ngabuburit, tapi jangan rakus saat beli takjil

Angkat beban. Bukan angkat beban berat badan atau beban hidup, itu lah angkat beban, barbell. Nggak perlu yang terlalu berat, pilih aja yang 1kg.

Lompat tali. Olahraga sekaligus permainan yang bisa dilakukan di rumah, nggak makan banyak tempat.

Bersepeda. Enak juga nih bersepeda menuju masjid, sekalian berbuka puasa di masjid.

Ada olahraga ringan yang lain menurut versi kamu?

Bagi teman – teman yang memiliki riwayat kesehatan yang “istimewa” wajib melakukan konsultasi dokter sebelum olahraga agar kesehatan tetap terjaga.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Maaf moderasi terlebih dahulu, karena banyak spam. Terimakasih yang sudah berkomentar :)