Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Selasa, Oktober 04, 2016

Cara Membuat Jemuran Baju Sendiri


cara membuat jemuran baju sendiri

Baju atau pakaian merupakan kebutuhan utama atau primer bagi setiap orang. Baju harus selalu diganti karena kuman dan bakteri yang menempel pada baju yang diakibatkan keringat, dapat menimbulkan masalah bagi kulit. Setelah baju dicuci maka Anda membutuhkan jemuran untuk mengeringkan baju. Jika Anda membeli jemuran baju , tentunya Anda tidak perlu repot untuk memikirkan dimana Anda harus menggantungkan baju, namun jika keuangan sedang terbatas, terdapat beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membuat jemuran untuk baju dengan sederhana dan memanfaatkan bahan yang ada di sekitar Anda.


Pertama adalah dari kayu. Terdapat 2 jenis jemuran yang dapat Anda buat yaitu yang gantung dan yang memiliki kaki atau yang jemuran konvensional. Jemuran gantung biasanya digunakan untuk menjemur pakaian yang butuh diangin-anginkan seperti batik. Untuk membuat jemuran gantung, Anda hanya perlu membutuhkan tali atau kawat yang kira-kira kuat untuk menanggung beban dari jemuran Anda dan siapkan kayu dengan panjang yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda sendiri.


Cara membuat jemuran gantung yang terbuat dari kayu yaitu:


• Tentukan terlebih dahulu dimana Anda akan membuat jemuran tersebut dan pilih di tempat yang kira-kira kuat untuk dibuat jemuran.

• Ukur panjang kayu dan sebaiknya jangan sampai melebihi dari tempat untuk menggantung baju tersebut. Pilih kayu yang kuat.

• Kaitkan 2 buah tali atau kawat di sisi kanan dan kiri ke tempat yang akan Anda jadikan sebagai gantungan misalnya di atap emperan rumah Anda.

• Letakkan kayu yang telah Anda pilih tersebut di kawat atau tali yang telah Anda pasang dan jemuran sudah dapat Anda gunakan.


Sedangkan untuk membuat jemuran baju konvensional, siapkan model dari jemuran yang akan Anda buat. Namun untuk dapat membuat jemuran tersebut, Anda harus pintar untuk mengukur dan setidaknya mengerti tentang pertukangan. Misalnya untuk membuat jemuran dengan bentuk angka i romawi (I), setidaknya Anda membutuhkan 8 pasang kayu dengan rincian 2 pasang kayu pendek dan 6 pasang kayu berukuran panjang. Untuk menyambungkannya, Anda dapat menggunakan sekrup ataupun dengan menggunakan paku.


Cara untuk membuat jemuran kayu tersebut yaitu:


• Siapkan kayu halus atau yang setidaknya sudah agak dihaluskan sehingga tidak membuat serat pakaian menjadi rusak ketika tersangkut di jemuran tersebut. Panjang kayu sesuai dengan yang Anda butuhkan.

• Buat alasnya yang berbentuk persegi panjang. Sebaiknya pemasangan bagian yang panjang jangan terlalu ke pinggir di bagian kayu kecil untuk lebih membantu menopang berat.

• Pasang 2 pasang sisi panjang sebagai penyangga dan jangan lupa untuk memakunya.

• Pasang sepasang kayu kecil di sisi kanan dan kiri atau di ujung dari penyangga yang telah dibuat.

• Pasang sisa kayu dengan posisi melintang sebagai gantungan dari pakaian Anda.


Pastikan ketika Anda membuat jemuran baju yang terbuat dari kayu tersebut, Anda memasangnya dengan kuat sehingga jemuran tersebut dapat digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama dan Anda menjadi lebih hemat. Bagian yang melintang yang digunakan sebagai tempat untuk menggantung atau menjemur pakaian tersebut haruslah bagian yang halus agar pakaian tidak cepat rusak dan pastikan jika kayu tersebut bersih dari kotoran. Untuk membersihkannya, Anda dapat mengamplasnya terlebih dahulu atau dengan menggunakan serutan kayu. Selain dengan menggunakan kayu untuk membuat jemuran, Anda dapat menggunakan pralon PVC bekas namun jenis jemuran ini tidak terlalu kuat untuk digunakan mengingat peralon yang lebih mudah pecah atau patah namun cocok untuk jemuran pakaian bayi.

12 komentar:

  1. Bisa dipraktekkan di rumah nih mbak. Kalau pake jemuran kawat mudah karatan, lebih aman kayu ya. Terimakasih tips dan sharing ilmunya mbak

    BalasHapus
  2. hasil membuat sendiri sebetulnya bikin hati puas walaupun hanya gantungan baju, cuma kadang hasilnya jelek, jadi mendingan beli ajah ah

    BalasHapus
  3. Itu gambar contoh asli jemuran baju buatan mba sari ? Bagus ya mba jemuran bajunya, kalau saya buat pasti gak bakalan sebagus itu karena saya kurang kreatif sih :-/

    BalasHapus
  4. kalo dulu... jemuran biasanya dari tali atau kayu, skrg ini bnyk yang punya jemuran dari stainless ya...

    BalasHapus
  5. Kalau saya diminta bikin-bikin, rakit-rakit suka gak tahu nih Mbak, #gak kreatif, maunya instan, kebiasaan apa-apa beli yang dah jadi. :)

    BalasHapus
  6. Bikin sendiri lebih awet sepertinya ya.
    Terimakasih tutorialnya mbak. Tinggal ngumpulin niat praktekinnya aja nih hehe

    BalasHapus
  7. Wah tipsnya keren :)

    Dulu sewaktu SMA, saya juga sering disuruh bikin kerajinan tangan pake kayu, di mata pelajaran Kesenian. Dan memang, hasil tangan sendiri itu lebih kerasa sensasinya, lebih bangga, dibanding membeli di luar.

    BalasHapus
  8. Aku gak bisa bikinnya.. Gak kreatip :(

    BalasHapus
  9. Mba sari@ izin yah mba buat post artikel ini boleh?

    BalasHapus
  10. Kalo bisa bikin sendiri mah lebih enak ya, hasil dan kualitas nya pasti oke punya. Tapi sayangnya saya cuma bikinnya dari bumbu, sederhana banget, hahaha...

    BalasHapus

Maaf moderasi terlebih dahulu, karena banyak spam. Terimakasih yang sudah berkomentar :)