Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Rabu, November 30, 2016

Tips Jitu Mengelola Gaji Pertama

sudah gajian?


Memiliki pekerjaan adalah sebuah kebanggan, apalagi jika berhasil bekerja di tempat yang sesuai dengan minat dan bakat yang kita miliki, saat tiba waktunya menerima gaji bulanan, pasti rasa bahagianya tak bisa diungkapkan dengan kata-kata lagi. Tetapi, sebelum menerima gaji-gaji berikutnya di bulan depan, menerima gaji pertama adalah sejarah yang tak akan terlupakan, jadi tidak ada salahnya jika gaji pertama diberlakukan dengan istimewa sebagai momen bersejarah dalam hidup kita.


Ada tips jitu untuk mengelola gaji pertama, supaya tidak habis sia-sia sehingga bisa memberikan manfaat yang lebih. Karena dari penghasilan yang kita dapat itu, diharapkan bisa menghasilkan sesuatu di masa yang akan datang. Berikut adalah tips untuk mengelola gaji pertama yang harus kita ketahui,

- Berpikir dua kali sebelum membeli. Jangan mentang-mentang banyak uang (maklum gajian), langsung belanja ini dan itu tanpa memperhitungkan hal lainnya. Misal, membeli tas dan sepatu Louboutine baru, atau memborong Pandora supaya tampil kinclong. Hmm, sebaiknya pikir dua kali, perlukah? Kalaupun perlu, belilah yang harganya hemat, supaya tidak menjadi kebiasaan membeli barang mewah sementara perekonomian masih belum stabil.


Dilmah tea play off 2016

- Berinvestasi. Lebih baik menginvestasikan sebagian gaji pertama dalam bentuk logam mulia atau perhiasan. Walau cuma satu atau dua gram, setidaknya kita memiliki simpanan logam mulia yang bisa dijual kembali suatu saat kelak. 

- Jangan hanya pikirkan senang-senang. Gajian berarti ngemall, makan-makan dan belanja ini itu. Tidak. Gajian berarti membayar tagihan, cicilan dan menabung untuk masa depan. Jangan lupa juga asuransi kesehatan untuk berjaga-jaga.

- Tak usah cari muka. Bukan rahasia jika orang yang baru gajian akan dikejar-kejar banyak orang yang tiba-tiba baik dan mengaku saudara untuk meminjam uang. Jangan ragu bilang tidak. Jangan cuma demi disebut orang baik dan murah hati, sampai meminjamkan uang pada banyak orang. Ingat, terkadang tidak semua orang yang berhutang memiliki niat baik untuk membayar hutang mereka.

- Buat dua rekening yang berbeda. Hal ini berguna untuk memisahkan gaji kita. Buat satu rekening khusus bayar cicilan dan lain sebagainya, satunya lagi untuk menabung.

Walaupun harus berhemat dan banyak menabung, tapi tidak berarti tak boleh belanja sama sekali. Tetap boleh belanja, kok! Tapi pilih momen-momen spesial seperti Harbolnas, dimana kita bisa belanja banyak, tapi dengan harga yang jauh lebih hemat sehingga bisa memangkas anggaran belanja. 

Momen spesial Hari Belanja Nasional ini hanya diadakan di akhir tahun, dimana semua produk bisa kita dapatkan dengan harga yang jauh lebih hemat karena diskon besar-besaran. Cocok untuk mengimbangi tips jitu untuk mengelola gaji pertama, kita bisa membeli kebutuhan kita tanpa perlu mengeluarkan bujet yang terlalu banyak. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Maaf moderasi terlebih dahulu, karena banyak spam. Terimakasih yang sudah berkomentar :)