Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Selasa, Februari 07, 2017

Cara bayar BPJS melalui indomaret, alfamidi dan bank, beserta pengalaman.

cara bayar BPJS
sudah punya BPJS


Jika belum punya BPJS, klik untuk tahu cara daftar BPJS secara mandiri.

Sebagai freelancer, yang jam kerjanya tak menentu. Perlu nih yang namanya asuransi sebagai proteksi, minimal memiliki asuransi kesehatan. Ya siapa tahu badan lagi “bermasalah” karena musim pancaroba atau di dalam perjalanan ada kejadian yang tidak mengenakan, kita nggak perlu mikir yang ribet untuk masalah dana karena sudah ada asuransi.

Sudah banyak event blogger tentang edukasi asuransi dari pelbagai perusahaan asuransi, setidaknya setiap bloger sudah tahu fungsinya asuransi. Berbeda dengan karyawan yang sudah memiliki asuransi dari perusahaan, bloger harus pilah – pilih produk asuransi. Bagi yang belum memiliki asuransi, coba deh daftar BPJS, nantinya kita dapat kartu Indonesia sehat yang berguna banget untuk aktifitas. Untuk BPJS ada beberapa kelas, dengan iuran perbulan yang berbeda.

Untuk BPJS, cukup 1 kartu dapat digunakan untuk 1KK. Jadi meskipun Kartu Indonesia Sehat atas nama keluarga, tapi jika anak berobat, bisa kok pakai kartu tersebut. Karena saat daftar BPJS, langsung mengisi formulir data anggota keluarga. Untuk lebih jelasnya mengenai pendaftaran, klik cara daftar BPJS secara mandiri.

Sudah tiga bulan memiliki Kartu Indonesia Sehat, dan sudah memanfaatkannya meskipun untuk berobat dengan penyakit yang umum. Periksa dan berobat di Puskesmas Sedati yang memang dekat dari rumah, selain itu Puskesmas Sedati merupakan faskes (fasilitas kesehatan) yang aku pilih. Jadi, nanti kalau butuh rujukan ke rumah sakit dengan Kartu Indonesia Sehat, harus melalui faskes terlebih dahulu. Meskipun faskes yang aku pilih itu merupakan Puskesmas, tapi sudah “canggih” alias standarnya bagus, bukan yang ecek – ecek. Perawat dan dokternya mumpuni, ada pemeriksaan umum, balita, lansia, kandungan, gigi hingga IGD.

Pertama kali berobat menggunakan BPJS agak gimana gitu, jangan - jangan nggak diterima 😢, udah punya pikiran yang jelek aja. Padahal kenyataannya nggak dibeda - bedain kok yang berobat pakai BPJS atau tanpa BPJS 💕, jalaur berobat juga sama aja, ditangani sama dokter juga. Nggak perlu was - was kalau berobat pakai BPJS. Dilayani kok..



Yang rumahnya dekat Indomaret bisa memanfaatkan fasilitas membayar iuran BPJS melalui Indomaret, untuk bayarnya ditambah biaya admin sebesar Rp. 2500 dan kalau sudah selesai bayar, pasti dapat struk bukti bayar. Kalau mau bayar, ngomong aja sama kasirnya, kalau mau bayar BPJS. Biasanya ada promo potongan harga, bagi yang bayar BPJS, bisa beli produk tertentu dengan harga murah. Rajin tanya aja apakah ada promo untuk pembayaran BPJS.


Sebenarnya sama aja sih bayarnya seperti kayak Indomaret, dikenakan biaya admin sebesar Rp. 2500. 


Untuk bayar melalui Bank, pada dasarnya sama semua. Tapi, kalau dulu hanya bisa melalui bank BNI dan Mandiri, sekarang bisa bayar melalui bank BCA. Kalau ingin bayar lewat bank, yang terpenting pilih opsi “Pembayaran” setelah itu cari opsi “BPJS” selanjutnya klik sesuai dengan perintah yang tertera di layar.

Sebagai contoh di postingan ini, aku menggunakan bank BCA, berikut cara pembayarannya :

1. Pergi ke ATM dengan yakin dan bismillah.

2. Masukkan kartu ATM dan masukan PIN seperti biasanya.

3. Klik menu "Pembayaran".

4. Pilih "Layar berikut"

5. Pilih "BPJS".

6. Pilih "Ketenagakerjaan individu".

7. Masukkan nomor induk kependudukan (NIK) sesuai KTP.

8. Masukkan periode program yang hendak dibayar. (bayar 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan atau 12 bulan).

9. Konfirmasi data dan pembayaran.

10. Transaksi selesai, simpan bukti transaksi berupa struk ATM.

bukti bayar BPJS

Gampang kan..
Bayarnya jangan sampai telat yaaaa...

1 komentar:

  1. Oiya, beda bank kode awalnya beda jg untuk beberapa bank.

    BalasHapus

Maaf moderasi terlebih dahulu, karena banyak spam. Terimakasih yang sudah berkomentar :)