Jumat, Juli 28, 2017

Duolingo, aplikasi untuk belajar bahasa inggris dan bahasa asing lainnya.

aplikasi duolingo
duolingo


Coba deh download aplikasi Duolingo, belajar bahasa asing maupun bahasa asing lainnya secara menyenangkan. Aku tahu aplikasi ini dari Indah, jadi penasaran, coba – coba deh, kalau nggak seru, uninstall aja deh.

Sebelumnya sudah pernah download aplikasi belajar bahasa asing, tapi aplikasinya berupa teks aja, atau berupa satu topik. Di aplikasi Duolingo, aku plih bahasa inggris beginner (biar tahu perbedaannya dengan aplikasi yang lain), benar – benar dasar loh. Tapi menyenangkan, karena pertama kali, berupa gambar dan pertanyaannya hanya terdiri satu kalimat, meskipun beginner tapi ada tingkatannya, mulai dari kata dasar, frasa, makanan, hewan, tingkatannya mulai dari yang paling mudah hingga yang sulit (eh tapi ini sulitnya masih dalam cakupan beginner, mudah kok).

tampilan home

Pembelajaran beginner kurang lebih ada 55 level, setiap level kurang lebih ada 9 pertanyaan. Pertanyaan lengkap loh, mulai dari writing, listening hingga speaking. Setalah selesai menjawab semua pertanyaan, kamu akan naik level berikutnya. Namun, harus menjalani penguatan untuk penguasaan materi, yaitu dengan cara ujian, agar kita tetap ingat dengan materi pemebelajaran. Awalanya sih bingung, padahal sudah dapat gold di level pertama, tapi beberapa hari setelahnya, kenapa tingkat performanya menurun (tanda merah), eh ternyata disuruh untuk ujian agar dapat menguatkan pembelajaran yang sudah dilalui. Baca keterangan gambar di bawah ini.


*lihat sebelum gambar ini, kan ada warna gold, yang artinya aku sudah melewati ujian untuk menguatkan kata - kata yang lemah, atau pertanyaan yang sering salah. kalau nggak ikut ujian untuk penguatan, bisa dilihat bulatan merah, di gambar atas, performanya akan semakin menurun. setiap hari usahakan untuk menjawab pertanyaan, agar skill semakin terasah.

nah ini ujian untuk penguatan kata - kata yang lemah.


kalau sudah ikutan ujian penguatan, jadi gold deh 💕

Jadi, kita disuruh belajar secara kontinu, agar tidak lupa dengan pembelajaran yang telah dilewati. Oiya, belum jelasain cara mainnya, pertama kali daftar dengan email kamu kemudian pilih bahasa asing yang ingin dipelajari. Setiap hari usahakan untuk menjawab pertanyaan, kamu ada dapat peringatan lewat email dan aplikasinya sendiri, agar hari ini kamu harus menjawab pertanyaan di setiap levelnya. Jangan sampai terlewat, biasanya dengan target tertentu, kamu bakalan dapat ligot (semacam bonus yang bisa ditukar dengan item lainnya). Dan dengan kondisi tertentu, kamu bakalan dapat penghargaan. Misalnya penghargaan “lembur” berarti kamu telah menjawab pertanyaan – pertanyaan sesuai dengan target pada hari sabu dan minggu di jam 10 malam ke atas, dan masih banyak penghargaan lainnya yang bisa didapatkan.

yeaaayyy 

Sesuai dengan karakter Duolingo yaitu burung hantu, si burung hantu ini akan menyemangataimu saat menjawab pertanyaan, seperti saat kamu salah menjawab, si burung hantu akan mengeluarkan kata – kata semangat, “Ayo , kamu bisa”, atau saat bisa menyapu bersih bersih lima pertayaan, si burung hantu akan bersorak, ya semacam itu lah.
pilih kursus yuk

Ada apa aja di Duolingo?


home

Home / Beranda : bisa melihat level yang ada dan level yang sudah dilalui, bisa melihat performa setiap level. Yang ada icon barbel, sebagai latihan tanpa ada tema, random gitu pertanyaannya tapi masih dalam cakupan pembahasan yang ada di setiap level. Kamu juga bisa menambahkan bahasa asing lainnya yang ingin kamu pelajari, untuk ini aku belum menambahkan bahasa lainnya, mungkin kalau versi gratisan ada limitnya *cmiiw*

profil

Profil : Berisikan daftar penghargaan, dan daftar teman.



klub


Klub : Kamu bisa gabung klub untuk mendapatkan teman yang lebih banyak, bisa juga untuk diskusi. Hmmmm.. kalau aku sih nggak gabaung klub, karena memang belum tau mau ngapain di klub itu 😅😅


toko

Toko : Kamu bisa beli item yang kamu perlukan, bahkan bisa beli kostum untuk si burung hantu agar semakin keren! Tentunya beli item sesuai dengan ligot (semacam bonus atau berlian untuk beli item), bisa juga sih beli item dengan uang (debit atau kredit).


sebagian pertanyaan.

Kekurangan:


Sejauh ini menggunakan versi gratisannya, belum ada yang bikin kecewa, seru loh belajar bahasa inggris, versi berbayar itu agar aplikasinya bebas dari iklan. Ya taulah ya aplikasi gratisan mengandalkan iklan, tapi nggak ganggu kok iklannya, iklannya mucul setelah menjawab seluruh pertanyaan di setiap levelnya. Updatenya juga nggak terlalu sering. Lumayan memakan memori, aplikasi ini sebesar 58Mb, karena memang komplit, ada gambarnya, listening, speaker untuk speaking dan writing, ada juga acak kata.

Oke, segitu aja dulu penjelasan tentang Duolingo, langsung download aja, selamat berlajar!

1 komentar:

Maaf moderasi terlebih dahulu, karena banyak spam. Terimakasih yang sudah berkomentar :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...