Senin, November 26, 2018

Tabungan Emas di Pegadaian, Apa Syarat dan Keuntungannya?

tabungan emas di pegadaian
tabungan emas

Emas masih menjadi salah satu produk investasi yang digemari. Meskipun beberapa pendapat jika emas bukanlah produk investasi karena kenaikan harga emas juga mengikuti inflasi, jadi tidak ada keuntungan, nilainya sama dengan inflasi. Jadi, ketika menjual emas saat harga tinggi, tidak untung, karena saat harga emas naik, harga bahan pokok juga naik, impas. Itu pendapat beberapa orang, namun pada kenyataannya emas masih jadi produk favorite untuk dijadikan investasi.

Emas yang seperti apa yang dijadikan investasi? Idealnya adalah emas batangan, namun pada kenyataan, emas perhiasan masih menjadi primadona di kalangan wanita, karena mudah untuk dicairkan meskipun terkena biaya admin. Tersebarnya toko emas yang dapat didatangi, bahkan menjual atau membeli emas dapat dilakukan di pasar, sangat mudah dijangkau dan prosesnya juga cepat, lihat saja saat tahun ajaran baru, atau mendekati lebaran, toko emas selalu sesak.

Untuk memiliki emas batangan tidaklah susah, langsung membeli secara tunai dimulai dari 1gram, mencicil emas bahkan menabung emas, banyak pilihan untuk berinvestasi. Pegadaian mempermudah kita untuk berinvestasi. Pegadaian tidak hanya urusan gadai saja, tapi juga melayani produk emas (investai emas).

harga emas

Investasi emas di Pegadaian ada 3 macam, yaitu :


1. Mulia : MULIA adalah layanan penjualan emas batangan kepada masyarakat secara tunai atau angsuran dengan proses mudah dan jangka waktu yang fleksibel. MULIA dapat menjadi alternatif pilihan investasi yang aman untuk mewujudkan kebutuhan masa depan, seperti menunaikan ibadah haji, mempersiapkan biaya pendidikan anak, memiliki rumah idaman serta kendaraan pribadi.

2. Konsinyasi emas : Merupakan layanan titip-jual emas batangan di Pegadaian sehingga menjadikan investasi emas milik nasabah lebih aman karena disimpan di Pegadaian. Keuntungan dari hasil penjualan emas batangan diberikan kepada Nasabah, oleh sebab itu juga emas yang dimiliki lebih produktif.

3. Tabungan Emas : Merupakan layanan pembelian dan penjualan emas dengan fasilitas titipan dengan harga yang terjangkau. Layanan ini memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk berinvestasi emas.

Pengalaman menabung emas di Pegadaian : meskipun di atas sudah dijelaskan dapat juga menjual emas secara titipan dengan menggunakan fasilitas tabungan emas, tapi saya masih belum melakukan penjualan emas, masih nyaman dengan menabung emas. Menabung emas konsepnya sama seperti menabung uang pada umumnya, hanya saja uang yang kita tabungkan sudah dikonversi dengan berat emas. Misalnya hari ini menabung 100ribu, kemudian di dalam rekening tabungan emas yang kita miliki akan ada keterangan berapa berat emas yang telah kita tabung dan juga saldo emas. Tentunya disesuaikan juga dengan harga emas pada hari yang sama saat kita menabung.


Cara untuk menjual emas di Butik Emas



Untuk mencairkan emas, sependek pengetahuan saya dapat dicairkan mulai dari 1 gram, harga emas ketika dicairkan, akan mengikuti harga emas secara actual (harga pada saat dicairkan) dan juga ada biayanya. Kalau dilihat, lebih baik jangan mencairkan saat berat emas masih 1 gram, lebih baik dicarikan saat tabungan emas telah mencapai minumun 5 gram.

Bagaimana caranya membuka rekening tabungan emas?


Datangi kantor cabang pegadaian, nanti di sana aka nada formulir untuk pembukaan rekening emas, selanjutnya akan ada biaya admin dan materai. Jangan lupa untuk KTP/SIM/PASPOR. Setiap tahun (12 bulan) akam terkena potongan 30ribu/tahun (biaya admin). Seperti menabung di bank, namun tabungan emas tidak ada bunga. Dan hanya diberikan buku tabungan, tidak ada yang namanya ATM. Semoga saja selanjutnya pegadaian melakukan inovasi berupa ATM Emas, langsung cetak emas di ATM, tidak perlu harus ke kantor cabang pegadaian dan menunggu apakah berat emas yang kita inginkan tersedia atau harus menunggu dengan sabar.

Untung atau rugi ya?


Kalau dipikir – pikir, terasa rugi ya, karena ada biaya admin saat mencairkan, ada biaya tahunan. Namun, dilihat lagi tujuannya, jika memang masih terasa berat membeli emas secara langsung, dapat memanfaatkan tabungan emas, jadi benar – benar tujuan menabungnya, tidak dilirik untuk diambil uangnya. Jika tabungan uang, kita dapat tarik tunai, kalau tabungan emas tidak dapat ditarik tunai, kecuali jika berat emas di tabungan emas telah mencapai 1 gram, kalau sudah 1 gram akan terasa sayang atau eman jika diambil semuanya, mending diterusin aja hingga berat emas semakin meningkat minimal 5gram. Meskipun jika dipikir dengan logika, terasa rugi karena biaya – biaya, namun saya merasa itu adalah keuntungan, karena suka nggak fokus kalau ingin menabung, kadang tergoda pengin gesek kartu debit. Dengan tabungan emas, lebih jelas tujuan untuk menabung.

aplikasi pegadaian


Sedangkan tujuan saya pada awalnya ini merupakan keisengan karena ada lomba blog pegadaian. Pada saat itu, pegadaian sedang gencar mempromosikan produk barunya yaitu Tabungan Emas, ternyata mudah unuk pembukaan rekening maupun menabung karena lokasi pegadaian dekat dengan rumah, bahkan di mall – mall, sudah ada pegadaian. Saat ini juga sudah dapat menabung lewat ATM Mandiri, BNI dan BRI. Ternyata saya menjadi salah satu pemenang lomba blog pegadaian, daripada tabungan emas ini menganggur, akhirnya saya teruskan untuk menabung, dan masih belum terpikir untuk mencairkan. Mungkin nanti kalau sudah berkeluarga atau nanti jika benar – benar butuh banget.

Aplikasi Pegadaian Digital.


Pegadaian melakukan pembenahan dan lebih maju dengan teknologi, kalau dulu aplikasi pegadaian digital sering bug atau susah log in, kurang up to date, sekarang lebih maju, lebih mudah dipakai dan tentunya aplikasinya lebih bermanfaat.

harga emas


Aplikasi pegadaian digital ini dapat mempermudah nasabah pegadaian untuk mengetahui produk – produk pegadaian, harga emas hari ini (harga jual dan harga beli). Dan jika tabungan emas telah mencukupi minimal berat emas yang telah ditetapkan oleh pegadaian, dapat melakukan gadai logam mulia, hampir mirip seperti gadai barang lainnya. Jika masih bingung dengan investasi emas yang ditawarkan oleh pegadaian, di aplikasi ini ada simulasinya. Selain aplikasi, bisa juga langsung meluncur ke web pegadaian. Di web juga tersedia informasi dan simulasi.


Apa perbedaannya Mulia (membeli emas secara angsuran) dengan Tabungan Emas? Mudah sekali melihat perbedaannya, jika angsuran memiliki jangka waktu beberapa bulan yang sesuai dengan syarat dan ketentuan. Jika Tabungan Emas, seperti menabung uang tunai, meskipun 3 bulan tidak menabung, tidak apa – apa karena memang konsepnya seperti menabung.

Jika merasa memiliki uang berlebih, dapat langsung membeli emas batangan mulai dari 5 gram hingga 1kilogram. Kadang pegadaian juga menyediakan pecahan yang kecil, lebih baik menanyakan terlebih dahulu, atau dapat menghadiri lelang emas yang diselenggarakan oleh pegadaian. Untuk jenis emas, pegadaian memiliki 2 jenis, emas cetakan antam dan emas cetakan UBS. Perbedaan harga sangat tipis, lebih murah emas cetakan UBS ketimbang emas cetakan Antam.

Sekali lagi, jika ingin berinvestasi, pastikan uang yang akan digunakan merupakan uang yang menganggur, tidak digunakan apa – apa, jangan sampai ambisi untuk berinvestasi akan mengganggu pengeluaran bulanan.

Ingin membeli emas batangan secara tunai, cicilan, atau menabung, dipikir lebih dahulu dan lebih bijak untuk mengelola uang ya…

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Maaf moderasi terlebih dahulu, karena banyak spam. Terimakasih yang sudah berkomentar :)

Copyright © sariwidiarti. Blog Design by SkyandStars.co