Cara Mencairkan (Menjual Kembali) Reksadana di KlikMAMI

investasi-reksadana-pasar-uang
investasi yuk




Saat belajar tentang investasi, pernah dapat kalimat seperti ini, “Apapun latar belakangmu, sangat penting untuk mengatur keuangan”. Benar juga kan, meskipun pekerja kantoran ataupun pekerja lepas, perlu banget perencanaan keuangan.

Karena telah terbiasa dengan pencatatan bulanan dan sebagainya, saat ini lagi merapikan keuangan khususnya untuk investasi. Namun, investasi tak melulu tentang yang mengeluarkan dana sekian juta. Banyak alternative investasi sesuai dengan kemampuan dan minat.

Misalnya investasi emas yang masih jadi primadona, tabungan juga bisa menjadi investasi jika penggunaannya untuk jangka pendek, untuk dalam keadaan darurat, butuh uang segar segera. Karena uang setiap tahunnya mengalami penurunan nilai karena adanya inflasi meskipun tidak begitu banyak.

Sayapun menyisihkan tabungan untuk beberapa pilihan investasi, sesuai dengan fungsinya, memiliki tabungan jika sewaktu – waktu butuh dana segar, memiliki reksadana karena beberapa lembar uang hasil dari menyisihkan pendapatan, merupakan uang tida tidak digunakan atau uang yang menganggur, daripada uang tersebut dilirik untuk jajan, lebih baik jajan reksadana yang dapat dibeli mulai dari 10ribu.

Saya memilih reksadana Manulife atau biasa disebut dengan MAMI (Manulife Aset Manajemen Indonesia) di sini banyak sekali produk reksadana yang bisa dipilih, konvensional maupun syariah. Sebelum berinvestasi, pastikan keuangan dalam sebulan itu aman, sudah bayar cicilan motor, atau cicilan pinjaman mobil, cicilan lainnya, sudah bayar listrik, PDAM, internet, yang penting lunas semua pembayaran. Agar tidak terganggu dengan kondisi keuangan.

Setelah mendaftar akun di klikMAMI. Nanti akan ada pemberitahuan lewat email yang terdaftar, jika akun kita telah aktif dan bisa langsung untuk berinvestasi. Dalam akun klikMAMI, dapat membeli reksadana, switching hingga menjual (mencairkan).

Switching merupakan mengalihkan dari produk reksadana satu ke yang lainnya, misalnya sudah memiliki reksadana pasar uang kemudian pindah ke reksadana saham. Untuk pemilik reksadana namun belum genap satu tahun, saat switching dikenakan biaya.

Bagaimana dengan penjualan atau pencairan? Kapan waktu yang tepat untuk menjual reksadana yang kita miliki?


Waktu yang tepat untuk menjual reksadana adalah saat kita membutuhkan. Meskipun NAB naik dari beberapa bulan yang lalu, tapi kita sedang nggak butuh untuk menjual, ya berarti waktunya nggak tepat. Jika kita menjual reksadana karena butuh, berapapun nilai NAB, pasti akan dicairkan.

investasi-modal-murah
investasi untuk pemula



Untuk proses pencairan butuh 1 – 2 hari (hari kerja), jika melakukan proses penjualan pada hari sabtu atau minggu atau saat libur nasional, proses pencairan akan dilakukan esok hari saat hari kerja. Dan NAB mengikuti nilai pada hari pencairan.



Artikel investasi lainnya : Mengatur keuangan pribadi 



Contohnya : si A mencairkan reksadana pasar uang pada hari senin jam 9, nilai NAB 1031. Maka, diproses pada saat itu juga dengan nilai NAB 1031. Jika prosesnya diatas jam 12 siang, akan diproses esok hari, dengan NAB sesuai dengan pada hari berikutnya. Pencairan dana ke rekening kita butuh proses 1 – 2 hari.

Bagaimana langkah untuk menjual atau mencairkan reksadana di klikMAMI?


Buka akun klikMAMI

Kemudian pilih transaksi > cairkan reksadana

jual-reksadana
jual reksadana


Lanjut, pilih reksadana yang akan dijual kembali

Selanjutnya tulis jumlah unit reksadana yang akan dijual kembali, atau menjual semua unit

pencairan-reksadana
berapa yang akan dicairkan


Konfirmasi transaksi dan masukkan kode transaksi
konfirmasi



Baca ketentuan dan pernyataan, kemudian centang dan klik selanjutnya.

langkah terakhir, konfirmasi


Selesai, kemudian akan mendapatkan notif melalui email transaksi yang dilakukan dan akan diproses.



Dana akan dikirimkan ke rekening kamu. Mudah untuk mencairkan reksadana.

Related Posts:

0 Response to "Cara Mencairkan (Menjual Kembali) Reksadana di KlikMAMI"

Posting Komentar

Maaf moderasi terlebih dahulu, karena banyak spam. Terimakasih yang sudah berkomentar :)