Keuntungan Menabung Emas di Bareksa

cara berinvestasi untuk pemula

Sudah cek harga emas hari ini? sudah ada niatan untuk menjual emas yang dimiliki, atau malah belum punya emas? Wah sayang banget kalau belum punya, padahal dari dulu hingga hari ini, emas merupakan salah satu produk investasi favorite masyrakat Indonesia, berupa perhiasan ataupun Logam Mulia. Awal mula saya belajar berinvestasi juga memilih produk emas, saat itu menang dari lomba, kemudian perlahan menebalkan niat menabung dari penghasilan yang nantinya akan dibelikan emas batangan. Dulu harganya masih sekitar 600ribuan, sekarang sudah melambung tinggi.

Jadi, kapan saat yang tepat untuk membeli emas? Dilihat dari pergerakan harga emas, Sepertinya waktu yang tepat untuk membeli emas sudah berlalu, siapa saja yang membeli sebelum tahun 2018 , selamat ya karena sudah memetik hasilnya. Sudah ada yang menjualnya? Atau malah belum menjualnya karena masih ada target yang ingin dicapai? Menjual apapun intrumen investasi yang dimiliki, waktu yang tepat untuk menjualnya adalah ketika sedang butuh. Tidak ada yang salah jika menjual saat harga tinggi atau menjual saat sedang butuh, tergantung tipe investor seperti apa, yang senang dengan tradingpun saat ini sedang menyusun strategi apakah beli saham yang lagi anjlok, atau investor yang lainnya, meskipun harga saham anjlok masih santai tetap investasi karena tujuannya untuk jangka panjang. Semuanya memang tergantung tipe investor ataupun tujuan berinvestasi.

Investasi emas

Bagi saya, emas masih menjadi salah satu pilihan investasi meskipun beberapa orang mengatakan jika nilai emas hanya mampu untuk menutupi inflasi, tidak bisa melebihi inflasi. Tapi, sebuah “petuah” yang sering terdengar, kira-kira seperti ini : Lebih baik jika berinvestasi tidak hanya dalam satu keranjang telur, tapi disebar dipelbagai kerangjang telur lainnya, karena jika ada kerangjang telur yang pecah atau busuk, kita (investor) masih ada cadangannya. Artinya, jika investasi jangan hanya dalam satu macam saja, karena kalau rugi, masih ada cadangan lainnya.

Tapi, apa masih ada yang belum memiliki Logam Mulia? Tidak ada salahnya membeli emas saat ini, atau jika merasa belum sanggup membeli secara langsung, bisa menggunakan cara nabung emas. Cara ini cukup efektif bagi siapa saja yang ingin berinvestasi namun memiliki dana yang minim. Jangan lupa, kalau ingin berinvestasi harus disesuaikan dengan kemampuan, jangan memaksa untuk banyak produk investasi namun kebutuhan setiap bulannya masih kelimpungan. Harus tahu mana yang lebih prioritas.


Keuntungan menabung emas di Bareksa


BareksaEmas merupakan fitur terbaru dari Bareksa. Pastinya tidak asing dengan Bareksa, merupakan marketplace yang menyediakan pilihan investasi (khususnya reksadana) secara online, Bareksa juga menyediakan informasi instrumen investasi lainnya, termasuk melayani pembelian Surat Utang Negara, saat ini memiliki fitur terbaru yaitu BareksaEmas.

cara menabung emas


Fitur ini menjadi solusi bagi investor pemula atau yang memiliki dana minim namun masih tetap ingin berinvestasi khususnya dalam bentuk Logam Mulia. BareksaEmas merupakan hasil kerjasama antara Bareksa dengan Indogold, pedagang online yang telah mendapat izin resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). BareksaEmas menjadi sarana jual beli emas Logam Mulia murni secara online dengan fasilitas titipan.

Saat mendapatkan News letter, memang tidak disebutkan jika fitur BareksaEmas merupakan fitur tabungan emas, melainkan fitur jual beli emas. Namun, dalam praktiknya yang bisa membeli emas dengan nominal yang murah, tidak harus membeli 1 gram emas, bisa dikatakan seperti menabung, beli sedikit demi sedikit, saat sudah mencapai 1 gram, bisa dicetak dalam bentuk Logam Mulia (syarat dan ketentuan berlaku) atau bisa langsung dijual tanpa dicetak dalam bentuk emas secara fisik.

Keuntungan yang didapat saat nabung emas di Bareksa :


  1. Transaksi secara online. Tidak perlu membuka tabungan emas dengan mendatangi kantor cabang. Cukup dengan download aplikasi Bareksa, kemudian mendaftar akun, langsung bisa membeli emas. Oiya, jika sudah menjadi nasabahnya, perlu update aplikasi untuk mendapatkan fitur terbaru.
  2. Pilihan menabung mengikuti wujud fisik emas Logam Mulia yang tersedia yaitu mulai dari 0,1 gram (minimal pembelian 50.000)
  3. Terdapat 2 pilihan untuk membeli emas, yaitu beli dengan menggunakan patokan harga atau menggunakan patokan berat (gram)
  4. Bisa membeli dan menjual emas dalam 1 aplikasi.
  5. Prosesnya mudah dan membutuhkan 1 hari kerja.
  6. Selain biisa membeli emas kurang dari 1 gram, jika kalian memiliki uang lebih, bisa juga membeli emas lebih dari 1 gram.
  7. Bisa melihat info harga emas dalam beberapa periode : 7hari, 1bulan, 3bulan dan 1tahun.
  8. Terdapat riwayat transaksi, jadi setiap transaksi dapat dilihat secara transparan.
  9. Tidak ada biaya administrasi.


Cara menabung emas di Bareksa.

Ingin menabung emas di Bareksa? Ini dia caranya :

1. Setelah download dan daftar akun, langsung klik fitur BareksaEmas.

2. Lihat terlebih dahulu harga beli, untuk mengetahui kapan waktunya beli emas dan kapan waktunya jual emas. Jika sudah memutuskan untuk membeli, klik “beli” pada tombol berwarna hijau.



3. Isi jumlah pembelian, bisa memilih dengan nominal atau membeli dengan patokan berat. Kemudian centang kotak syarat dan ketentuan, lebih baik dibaca terlebih dahulu syarat dan ketentuannya. Kemudian klik "Mulai nabung emas".

4. Kemudian terlihat halaman detail transaksi yang berisi total pembayaran, nomer order dan nomer rekening untuk transfer pembayaran. Jangan lupa untuk mencantumkan nomer order dalam berita transaksi.



5. Upload bukti pembayaran dan tunggu pembelian masuk ke dalam BareksaEmas. Semuanya terdapat notifikasi by email atau bisa melihat “Riwayat transaksi”.

Sampai hari ini hanya terdapat pilihan membeli dan menjual, masih belum ada opsi cetak emas, mungkin masih fitur baru, jadi menunggu untuk ada pembaruan lagi. Namun, jika kamu tipe yang jual saat harga tinggi, beli saat harga rendah atau emas bukan untuk investasi jangka panjang, cocok banget menggunakan fitur ini. Seperti yang saya sudah jelaskan di atas, tidak ada biaya administrasi dalam pembelian dan tidak ada biaya administrasi perbulan. Namun, jika ada update terbaru, akan saya tambahkan di postingan ini. Selamat menabung emas! 

14 komentar

  1. asyik ya sekarang pilihan tempat berinvestasi juga ada marketplacenya, jadi cukup buka Bareksa bisa berinvestasi apa aja sesuai pilihan ya. Aku gak ngerti investasi Surat Utang Negara itu beli di mana eh ternyata di Bareska sudah ada ya

    BalasHapus
  2. Menabung emas relatif aman ya karena tidak berimbas kena inflasi dan harganya makin lama makin tinggi..

    BalasHapus
  3. wah alhamdulillah sudah menabung emas dan memang tahun-tahun ini harga emas melonjak naik dan jadi berpikir untuk nyebarin banyak keranjang k investasi lainnya. Jadi mau kepo soal Bareska ah

    BalasHapus
  4. Duhhh, jadi penasaran banget pingin ikutan nabung emas juga di Bareksa. Beberapa bulan ini saya baru coba reksadana pasar uang sih, di Bareksa juga. Tapi begitu baca artikelnya Mbak, saya jadi tertarik investasi emas juga hihiiii

    BalasHapus
  5. penjelasannya sangat bermanfaat sekali ka, kebetulan dari kemarin-kemarin aku tuh nyari yang buat investasi tapi bisa kecil-kecil kayak gini, snagat bermanfaat banget ke penjelasannya, auto bookmark tulisannya ka

    BalasHapus
  6. Investasi zaman now enaknya praktis kaya di Bareksa ini ya. Bisa nabung emas tanpa pusing nyimpen barangnya di mana... coba bayangin cara konvensional kita invest emas batangan. Perlu beli brankasnya, takut ada yg nyolong dll.

    BalasHapus
  7. Memudahkan sekali untuk investasi jaman sekarang yah mbak. Banyak keuntungannya menabung emas pasti jadi favorit tempat untuk berinvestasi nih Bareksa.

    BalasHapus
  8. Inilah untungnya blogwalking, aku baru dengar soal ini. Beneran nambah pengetahuan dan mau galih lebih banyak informasi lg, makasih ya Mba

    BalasHapus
  9. Aku belum punya logam mulia nih mba hikss.. susahnya nabung emas . Jadi tertarik pengen nabung emas di Bareksa. Keuntungan nya bnyak. Aman yah :) . Ada fitur menjual dan membeda . Jadi mudah deh:)

    BalasHapus
  10. Ealah bisa juga ya menabung emas melalui Bareksa ini. Bisa jadi salah satu investasi di luar jenis investasi lain yang sudah kita lakukan yaaa.. Boleh ah tengok-tengok fiturnya ntar.

    BalasHapus
  11. Diera yang modern ini, semua jadi serba mudah ya kak. Bisa investasi emas dengan mudah nih.. Nice info

    BalasHapus
  12. aku nyessel dlu gak dilanjutin nabung emas, malah aku jual2in emasny,etapi karna lagi butuh uang sih,,hhehhee
    Pengen coba lagi nabung emas, nanti coba akses bareksa langsung ah, kayaknya manrik nih.

    BalasHapus
  13. Aku jadi kepengen mbak punya tabungan emas. Kemaren baru nabung via aplikasi cuma iseng hehe

    BalasHapus
  14. Setuju banget soal investasi emas ini. Karena emas kan gampang dan juga dijual ketika butuh. Jadi emas ini menurut aku, jenis investasi yang paling cocok dimiliki. Aku lagi nabung juga biar bisa beli LM buat investasi.

    BalasHapus

Maaf moderasi terlebih dahulu, karena banyak spam. Terimakasih yang sudah berkomentar :)