Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Yuk jualan online, Memulai Bisnis Modal 500 ribu

bisnis online modal 500 ribu



Kalau diingat kembali, awal jualan online karena tidak sengaja, berawal dari iseng menawarkan jastip ke grup chat, ternyata disambut reaksi positif sama teman-teman, kemudian aku mengumpulkan keuntungan jastip untuk modal memulai bisnis.

Berdasarkan pengalaman, ada 2 hal yang penuh tantangan ketika memulai bisnis online :

  1. Menemukan ide jualan online.
  2. Menjaga bisnis yang sedang berjalan.

Kedua hal tersebut punya tantangan tersendiri, namun jika tidak dicoba, kita tidak pernah tahu kan bagaimana hasilnya? Saat ini aku berada di fase menjaga bisnis yang sedang berjalan, namun aku mau ngobrolin sedikit nih ketika memulai usaha. Siapa tahu kisah kita sama, dan nanti bisa bertukar pandangan.

Cara Memulai Bisnis Online.

Ide bisa dimulai dari mana saja, yang paling penting bisa lebih peka melihat suatu peluang. Bisa dimulai dari sekitar, apa yang sedang dibutuhkan orang saat ini, dan aku memulainya berawal dari iseng, karena bazar buku hanya berlangsung di beberapa kota, melihat peluang untuk buka jastip, awalnya lewat group chat dan kemudian promo lewat media sosial.

Rasanya deg-degan, karena tidak berekspektasi apa pun, niatnya menolong teman-teman yang ada di luar kota, eh ternyata cuan! Nah, aku udah berani coba untuk memulai, nah sekarang giliranmu, Yuk Jualan Online, biar idemu nggak hanya mengendap saja.

Meskipun usaha jastip sangat menjanjikan, namun hal ini hanya akan ramai ketika ada event tertentu, nggak setiap hari bisa jualan, misalnya nunggu event bazaar buku, event clearance sale atau cuci gudang untuk tanggal tertentu.

Daripada keuntungan jastip hanya dipakai untuk kebutuhan hedon aja, aku pakai sebagian untuk diputar ke peluang usaha yang lain, usaha yang bisa berjalan kapan aja, nggak nunggu event tertentu.

Dari situlah, aku mengumpulkan modal untuk jualan online, dimulai dari hobi baca buku, buka jastip acara bazar buku, kemudian aku memulai untuk jualan buku bekas, biasanya banyak novel bekas murah meriah yang masih jadi incaran, seperti novel edisi pertama, cover buku dari penerbit lain, dan masih banyak lagi. Bisa dibilang perjalanan bisnisku dari hobi menjadi bisnis.


memulai bisnis



Kurang lebih butuh modal 500 ribu untuk beli beberapa buku yang akan dijual. Masih banyak loh peluang bisnis online dengan modal 500 ribu, yaitu :

  1. Frozen food : Jualan makanan yang nggak pernah mengenal musim karena selalu dicari oleh konsumen. Frozen food nggak sebatas makanan ringan, bisa juga menyediakan aneka menu lauk yang bisa dihangatkan kembali. Agar semakin laris, bikin promo bundling, nggak apa-apa untung sedikit, yang terpenting cepat terjadi perputaran barang, karena makanan tergantung oleh kadaluarsa.
  2. Usaha thrift shop : Usaha yang sekarang lagi booming, bermodal jeli akan permintaan pasar karena thrift shop tidak sekedar barang bekas, jika ingin menambah nilai jual dan tokonya banyak dilirik, sediakan barang branded meskipun sudah bekas, apalagi jika masih ada sentuhan vintage.
  3. Parfum : Kebutuhan yang nggak kalah penting dengan skincare, pangsa pangsa parfum juga semakin meningkat dengan banyaknya brand lokal yang selalu berinovasi, kamu bisa menjual parfum yang memang sudah ada di pasaran atau menjual parfum dengan brand kamu sendiri.
  4. Dropship pakaian : Nggak ada yang namanya bisnis online tuh harus butuh modal yang banyak, karena bisa memulainya dengan menjadi dropshiper, memilih bisnis ini karena kaum hawa nggak akan pernah cukup untuk beli baju, apalagi cewek suka mix and match pakaian dengan jilbab, jadi ini pilihan yang tepat untuk memulai bisnis.
  5. Peralatan tulis : Menjual peralatan tulis tidak hanya dijual secara offline saja, bisa juga dijual lewat online, jika lebih teliti, bisa bekerja sama dengan komunitas journaling atau scrapbook agar tokomu semakin dikenal.
  6. Aksesoris wanita : Mengulik kebutuhan wanita tidak akan ada habisnya, selain pakaian, kamu nggak boleh melewatkan untuk jualan aksesoris wanita, seperti bros bando lucu dan masih banyak lagi.
  7. Tempat makan : Tempat makanan bisa jadi pilihan bisnis yang tepat karena anak-anak sekolah diwajibkan membawa bekal dari rumah, salah satu cara agar anak semakin semangat memakan bekal, nah bisa ditunjang dengan desain tempat makan yang lucu, seperti kartun favorite atau karakter lucu lainnya
  8. Makanan ringan (cemilan) : Hampir semuanya bisa dijual secara online, tak terkecuali dengan makanan ringan. Sebelum menjual cemilan, akan lebih baik jika menjadi spesialis cemilan tertentu, seperti hanya menjual cemilan pedas, menjual aneka olahan pisang dan sebagainya, hal ini bisa menjadi daya tarik dan juga memudahkan kamu agar tidak menyetok aneka makanan yang belum tentu terjual habis.
  9. Peralatan dapur : Nggak jarang selalu melihat video memasak di media sosial, mulai dari cara masak yang mudah hingga yang rumit, nggak menutup kemungkinan jika sering menonton video masak juga punya niatan untuk mencobanya. Pilihan bisnis yang sudah tahu interest calon konsumen.
  10. Skincare : Coba yuk cek meja rias atau obrolan di lingkungan sekitar khususnya cewek, nggak jauh-jauh ngobrolin skincare, apalagi banyak brand lokal yang sering launching produk baru dan selalu saja laris di pasaran. Peluang yang sayang dilewatkan, apalagi kalau diri sendiri rajin skincare juga, kasih testimoni tuh beneran real.

Sebenarnya selain 10 peluang usaha online di atas, masih banyak ide lain, tapi aku mencantumkan beberapa usaha yang sudah aku dan teman-temanku jalani, modal ramah di kantong bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal. Jika ada usaha, pasti banyak cara menghasilkan uang di internet, Yuk Jualan Online!

Banyak ilmu tentang bisnis yang bisa didapat dari mana saja, dari teman, seminar, komunitas dan masih banyak lagi, nah untuk tips yang aku share di atas juga ada beberapa materi yang biasa aku baca di page Yuk Jualan Online.

Page yang memberikan wawasan pada penjual agar binisnya nggak stagnan, bisa lebih berkembang. Untuk pemula nggak perlu minder karena banyak tips saat memulai bisnis, untuk yang sudah memiliki bisnis, bisa gali ilmu lebih dalam lewat page ini, aku juga terbantu tentang cara berpromosi, Yuk Jualan Online karena sudah banyak tips yang harus dipraktekan, jadi nggak makin pede untuk berjualan.


yuk jualan online


Untuk kamu, tips menjaga bisnis online tetap eksis.


Setelah melewati masa mencari ide memulai bisnis, saat ini berada pada tahap menjaga bisnis tetap eksis. Dari perjalanan yang aku lalui serta dapat dari pengalaman teman, berikut tips agar bisnis online tetap eksis.

  1. Konsisten : Bisnis online tuh nggak bisa hanya sekedar rebahan main hape, tapi butuh konsisten. Aku pernah kok jualan seminggu, selebihnya nggak jualan di media sosial, nah kebiasaan ini bikin pembelian nggak lancar, dan kadang bikin calon pembeli berpikir kalau aku nggak serius jualan.
  2. Mengikuti trend : Pebisnis harus memiliki pola pikir yang ingin berkembang, bisa dilihat dari perkembangan trend jualan di media sosial, kemudian perluas lagi berjualan di marketplace. Selain cara berpromosi, mengikuti trend bisa juga untuk pengembangan produk, menciptakan produk yang lebih bervariasi.
  3. Gabung komunitas : Gabung komunitas sama halnya seperti memiliki support system, dari sinilah bisa berbagi pengalaman, pemula dan senior dalam berbisnis dapat saling support, bisa saja melalui komunitas bisa menghasilkan kolaborasi inovatif sebuah produk atau jasa yang disukai di pasaran.
  4. Next level : Awalnya aku memulai jualan lewat media sosial, agar lebih fokus, etalase tertata rapi, lebih luas pangsa pasarnya, harus next level nih dengan jualan di Lazada. Banyak fitur yang bisa dimaksimalkan untuk mendongkrak penjualan.
  5. Tidak berhenti untuk upgrade diri : Jangan mudah berpuas diri, harus selalu upgrade diri agar bisa mengembangkan potensi yang ada pada diri khususnya dalam hal berbisnis. Wajib banget loh menetapkan target jangka pendek atau jangka panjang yang ingin dicapai.


Jadi, jika ingin bisnisnya naik level, tetap eksis meskipun banyak pesaingnya, nggak perlu ragu lai untuk jualan di Lazada karena nggak akan merasa sendirian atau bingung setelah daftar selanjutnya bagaimana, karena ada seller akan dapat banyak Support saat berjualan di Lazada.



ide bisnis online terbaik



cara jualan di Lazada



Tutorial berjualan di Lazada

Jualan online semakin mudah dan siap mengembangkan sayap dengan menjadi Seller di Lazada, berikut tutorial berjualan di Lazada :

  1. Masuk ke lazada.co.id
  2. Klik tombol “Menjadi Seller”.
  3. Pilih salah satu, apakah ingin jadi penjual di Lazada atau LazMall.
  4. Isi nomer hp yang akan kamu daftarkan.
  5. Isi data dan ikuti langkah berikutnya.
  6. Pastikan kamu sudah membaca dan mengerti ketentuan layanan (penjual), perjanjian jasa logistik, dan kebijakan privasi.
  7. Selamat! Tokomu sudah siap. Maksimalkan fitur yang ada di Seller Center.

Setelah memiliki akun, harus diperhatikan tampilan toko, posisikan diri kita sebagai pembeli, pasti akan tertarik jika foto produk menarik dan berikan promo untuk meningkatkan kunjungan ke toko. Meskipun aku termasuk yang memiliki panduan hemat jika belanja, tapi berasa lemah banget kalau ketemu sama promo dan diskon, sayang untuk dlilewatkan

Kesimpulan

Jika memutuskan untuk berjualan online, melewati tidak mudah dan harus totalitas, mulai dari memulainya hingga menjaga bisnis yang sedang dijalankan agar tetap eksis. Tetapkan tujuan, target jangka pendek dan jangka panjang, tunjang dengan upgrade skill agar semakin berkembang. Persaingan itu akan selalu ada, tapi yang paling penting adalah konsisten dalam menjalankan bisnis.

34 komentar untuk "Yuk jualan online, Memulai Bisnis Modal 500 ribu"

  1. Jualan online bisa banget dengan modal kecil yah mba, yang penting tetap konsisten. Dan di Lazada tuh enaknya ada tips dan trik strategi yang jitu agar jualan online laris manis, jadi sangat recommended bagi seller pemula untuk jualan online di Lazada.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener, yang paling penting konsisten karena biasanya suka goyah kalau lihat bisnis lain yang laris-manis, pengin pindah-pindah bisnis

      Hapus
  2. Wah, kece bener nih kita bisa berbisnis dengan modal awal 500 ribu. Berjualan online di Lazada memang berprospek cerah. Apalagi semua sekarang serba ada, serba online dan memudahkan kita jual beli. Kalau ada gratis ongkir dan fitur2 menarik lainnya, tentu bakalan laris manis ya, seller happy deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Modal 500ribu udah cukup untuk memulai bisnis, nah gabung seller Lazada agar bisnisnya next level

      Hapus
  3. Modal 500 rb udah bisa bisnis, asyik perlu dicoba peluang kayak gini nih. Bisnis online semakin berkembang ya mba, beberapa sahabat juga melebarkan sayap bisnisnya via online. Beneeeer banget mengikuti trend jg perlu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dulu jualannya cuma dari mulut ke mulut, sekarang via online, lanjut aja jadi seller Lazada biar bisnis semakin meningkat

      Hapus
  4. Mbaa, kadang aku mau coba jastip gitu. Ada yang sharing tuh hasilnya menggiurkan juga. Senangnya dapat informasi tentang melakukan bisnis dengan modal yang terjangkau ya mba

    BalasHapus
  5. salah satu kunci jualan online itu katanya promosi yaa. kalau nggak rajin promosi ya gimana orang mau beli. bagus juga nih program di lazada ada pendampingan buat seller baru biar bisa menarik pembeli

    BalasHapus
  6. Untuk memulai berjualan online di Lazada memang cukup mudah, ya. Selain itu banyak support yang diberikan oleh Lazada bagi para sellernya. Sehingga penjualan bisa meningkat terus.

    BalasHapus
  7. Kalau suka travelling atau lagi ada bazar buku, jastip tuh lumayan menggiurkan ya, Mbak. Menjaga bisnis yang ada ini butuh perjuangan. Naikin level dengan daftar ke Lazada biar bisnis makin meningkat

    BalasHapus
  8. Sekarang ini banyak orang yang memilih berjualan online untuk menjadi pekerjaan
    Apalagi sekarang kalau mau jualan online nggak harus punya modal yang tinggi ya mbak

    BalasHapus
  9. Jadi cuma modal 500rb kita dah punya toko ya, Mba.. Xixixi.. Saya belum oernah coba buka toko di lazada nih. Jadi pengen coba deh

    BalasHapus
  10. Asal ada kemauan aja ya Mak, uang 500 ribu juga bisa cuan kalo mau jualan di lazada

    BalasHapus
  11. dengan modal 500ribu udah bisa berbisnis skincare yaa, aku jadi tertarik nih buat jadi seller di Lazada. Dan dengan prosedur yang cukup bisa aku ikutin, kayaknya aku mau coba deh, lagi mau cari bisnis sampingan juga hehe

    BalasHapus
  12. Bisnis yang bakal cocok banget nih untuk yang nyari sampingan, 500 ribu udah bisa jualan.
    Mana dapat program khusus untuk seller baru lagi. Keren Lazada.

    BalasHapus
  13. Kalau udah mulai jualan online, emang harus konsisten sih apalagi untuk promo-promonya biar orang bisa yakin ya kalau seller ini trusted.
    belum pernah coba nih jualan online di Lazada, biasanya cuma via status di WA ataupun sosmed aja, padahal banyak keuntungannya ya jika mulai jualan online di Lazada, termasuk bisa belajar banyak hal tentang bisnis online ya.

    BalasHapus
  14. Pendaftaran jualan online di lazada ini sangat mudah ya, apalagi pasarnya sangat luas dan banyak komunitasnya, bakal membuat produk kita lebih mudah dikenali oleh calon konsumen, sehingga potensi usaha kita berkembang lebih besar

    BalasHapus
  15. Saya pernah usaha jastip yang tergulung pandemi. Tapi gimana pun harus tetap semangat.

    BalasHapus
  16. seneng ya sekarang jualan online makin mudah, apalagi gabung Lazada, bisa dapat pasar lebih luas dengan model pas-pasan :)

    BalasHapus
  17. Untuk melakukan apapun, termasuk bisnis memang wajib konsisten, agar bisnis tetap berjalan dengan lancar dan sukses. Nggak bisa nyantai kayak di pantai. Beruntung sekarang sudah bisa jualan online di Lazada. Lebih menguntungkan dan banyak keunggulannya.

    BalasHapus
  18. Konsisten memang hal yg sangat penting untuk tetap eksis berjualan online. Jangan sampai omset udah bagus, lama lama menurun karena kita gak konsisten.

    BalasHapus
  19. Ketika bisnis sudah dijalankan maka mempertahankannya gak mudah, di sini perlunya untuk Istiqomah sambil inget bagaimana perjuangan memulai bisnis itu

    BalasHapus
  20. Tipsnya sangat bermanfaat sekali, sudah ada step stepnya tinggal menjalankannya yaa....asal ada niat pasti ada jalan (gusti yeni)

    BalasHapus
  21. Jualan frozen food ini juga lagi hype mbak
    Apalagi ketika anak anak sudah kembali ke sekolah
    Mereka bawa bekal, dimana kebanyakan adalah Frozen food

    BalasHapus
  22. Yap kudu bs menjaga bisnis tersebut, itu bener banget. Saya udah mengalami dg runtuhnya usaha jual camilan. Mungkin karena saat itu kan jualannya live tapi jam gak tentu akhirnya yg nonton dan beli jd sedikit. Ini lg ganti jualan lg, kudu buka toko online di lazada deh kayaknya

    BalasHapus
  23. Ternyata modal 500 sisanya bisa di kita tanggalnya udah boleh pachimh apa

    BalasHapus
  24. Woowww banyak banget yaa ide bisnis dengan modal 500ribu, hemmm jadi pengen deh punya bisnis kecil-kecilan dulu, mulai dari online kali yaaaa

    BalasHapus
  25. Mantep idenya banyak banget, jadi tercerahkan mau bisnis apa yg cocok, setidaknya ada tiga ide bisnis yg ingin aku coba sendiri, semoga berjalan lancar

    BalasHapus
  26. Kuncinya konsisten alias telaten ya, Mbak. Apapun usahanya berapapun besar modalnya kalau ditekuni insya Alloh dapat hasil yang sesuai harapan.

    BalasHapus
  27. Lumayan kalau cuma 500K dah bisa bisnis dengan income lebih banyak dari modal.
    Bikin saya butuh penguatan dan ulik ulik lagi soal Lazada

    BalasHapus
  28. Ternyata banyak jiga ya produk yang bisa dijual bermodalkan 500 ribu. Tinggal pinter pinternya kita saja memilih mana yang sesuai passion dan kiranya peluangnya masih terbuka lebar...

    BalasHapus
  29. jualan online kalau mau serius memang harus benar-benar dipromosikan agar bisa menarik pembeli. kalau habis buka toko rebahan ya pastinya lambat lakunya produknya

    BalasHapus
  30. skincare itu kayaknya agak mahal ya mba, kecuali kalau mungkiin sistemnya pre order gitu atau dropship dari marketplace. kalo kayak gitu masih memungkinkan :D

    BalasHapus
  31. Temanku dan kenalanku akhirnya banyak yang memulai bisnis frozen food alasannya saat ini banyak dicari. Dan menurutku kepratisan frozen food memang sangat membantu ya apapagi bagi pasangan bekerja.dngan anak sekolah.

    Dan modalnya itu yang terjangkau ya.
    Meski sebenarnya sekrang modal minim buka usaha banyak sih. .apalagi lazada memiliki banya program yang membuat para seller berkembang

    BalasHapus