Drama korea : You Raise Me Up, Ketika “Kepercayaan Diri” Seorang Pria Mleyot

drama korea komedi romantis

Kehidupan di usia 30an ternyata tidak seindah ketika masih remaja, itu yang dirasakan Do Yong-Sik (Yoon Si-Yoon), di usia 30an dia masih berjuang untuk ujian CPNS (berkali-kali gagal tapi tetap mencoba untuk ujian), gagal mempertahankan hubungan percintaan, dan di usia yang tergolong produktif, malah mengalami ejakulasi dini.

Ketika berobat di klinik urology, ternyata dokter yang memeriksa Do Yong-Sik, adalah Lee Ru-Da (Hani), cinta pertama Yong-Sik.

Pada saat bersamaan, Lee Ru-Da (Hani ex EXID) mengalami pertengkaran dengan kekasihnya Do Ji-Hyeok (Park Ki-Woong), Ru-Da merasa selalu diremehkan oleh Ji-Hyeok. Sebaliknya, Ji-Hyeok merasa Ru-Da hanya membesarkan masalah kecil, keras kepala dan selaku bersikap jual mahal.

Saat mereka bertengkar, tidak disangka Ru-Da menceritakan jika cinta pertamanya (Do Yong-Sik) merupakan cinta pertamanya yang hebat, pasti saat ini dia tumbuh menjadi pria yang sukses.

Hmmm.. tetoooot…

Bayangan Ru-Da salah besar! Bisa dibilang kehidupan Yong-Sik beradadi lapisan masyarakat (kasta) paling dasaaar banget, dia minder menjadi pria pengangguran, gagal dalam hubungan percintaan dan ejakulasi dini. Kompleks banget kehidupan Yong-Sik.


Ejakulasi dini dari segi klinis dan psikologis.

Meskipun terkesan vulgar kalau hanya baca sinopsisnya, tapi di drama korea yang episodenya cuma 8 aja. Kita bisa melihat betapa kompleksnya penderitaan yang dirasakan Yong-Sik, untung saja Ru-Da ingin membantu permasalahan Yong-Sik meskipun niat Ru-Da untuk membantu karena taruhan dengan Ji-Hyeok (nonton untuk lebih lengkapnya).

Yong-Sik bahkan memiliki niat untuk bunuh diri karena dia selalau merasa minder, parah banget. Ketika jalan di keramaian, ia merasakan sesak napas karena berasumsi jika berada di golongan minor (pengangguran, gagal tes).

Padahal masa muda Yong-Sik seperti sosok pemimpin dan menjadi pujaan Ru-Da karena sikap Yong-Sik yang heroik. Saat usia 30sekian, ternyata berbanding terbalik, dapat tekanan dari ibunya karena Yong-Sik selalu gagal tes, diputusin pacarnya (pacar terakhirnya, bukan Ru-Da), tekanan masyarakat karena ia pengangguran, impot*en, semua itu membuat Yong-Sik minder bangeeet.

Ru-Da memahami jika permasalahan Yong-Sik tidak bisa jika diobati secara klinis saja, tapi juga psikologis. Di sini Ru-Da dan Ji-Hyeok membantu perawatan secacara bersama-sama, karena Ji-Hyeok merupakan psikolog. Meskipun Ji-Hyeok pesimis jika Yong-Sik bisa sembuh karena sifat mindernya yang sudah menahun dan berat.

Ketika Ru-Da mencoba membantu Yong-Sik untuk permasalahan ejakulasi dini, ternyata nggak segampang minum obat-obatan secara teratur, tapi menggali lebih dalam kehidupan Yong-Sik.

Dimulai dari kebiasaan berpakaian dan gaya hidup yang bisa mempengaruhi vitalitas pria, kebiasaan makan instan dan berpakaian ketat dapat mempengaruhi kesehatan si “anunya pria”, itu hanya sebagian contoh. Hal pertama yang dilakukan adalah menjalani gaya hidup sehat.

Kemudian membereskan trauma Yong-Sik, ternyata Ru-Da memiliki rencana untuk membalas mantan pacar Yong-Sik yang menorehkan luka karena kata-katanya membuat trauma.

Sikap Yong-Sik yang memaafkan masa lalu, membuat Ru-Da semakin mengaguminya.


Kejadian balas dendam bisa dikatakan gagal tapi berhasil juga karena memberikan kesempatan Yong-Sik untuk menceritakan apa yang ia rasakan kepada mantannya. Namun gagal karena tidak sesuai ekspektasi yang dibayangkan Ru-Da, karena Yong-Sik malah memaafkan, mengikhlaskan.

Sikap Yong-Sik yang lembut malah membuat Ru-Da juga merenungkan hubungannya dengan kekasihnya.


Dia pernah jadi orang yang aku cintai. Meskipun sekarang kami putus.

Tapi dia pernah jadi orang yang kucintai dengan tulus.

Untuk menghapus luka hatiku, apa harus dengan menyakiti hati orang yang pernah kucintai?

orang macam apa yang tega melakukannya?



Sebenarnya drama korea You Raise Me Up tuh termasuk genre komedi romantis, tapi menurutku heart warming banget dan beneran merasa kasihan sama kehidupan Yong-Sik, sering diremehin dan dipermainkan sama orang lain, mungkin karena dia minder dan merasa pantas untuk diremehkan masyarakat… huhuhuhu kasihan dia.

Sedikit demi sedikit, Yong-Sik mengalami perubahan ke arah positif, meskipun konflik terjadi lagi ketika ia mengetahui niat sebenarnya mengapa Ru-Da ingin membantunya.


Apa Yong-Sik bisa memaafkan Ru-Da?

Apakah Ru-Da kembali bersama dengan Ji-Hyeok?

Atau Ru-Da memilih Yong-Sik yang semakin hari menjadi sosok keren?


Nonton aja, cuma 8 episode kok, bisa ditonton di aplikasi Viki.

Kalau nonton jangan sambil makan ya, karena episode awal agak gimana gitu, karena ditunjukan tes ejakulasi dini. Saya nontonnya biasa saja, cuma geli, mungkin ada yang gampang mual, jadi berhati-hati. Jangan nonton bareng anak-anak.

Apakah ejakulasi dini dapat diobati? Jika suatu penyakit ada obatnya, maka kita harus ikhtiar untuk sembuh. Meskipun cerita drama korea You Raise Me Up merupakan sebagian kecil dari contoh “penyakit” yang dialami pria, mungkin di luar sana ada yang lebih struggle, jangan menyerah untuk sembuh, pergi berobat ke dokter dan dukungan orang terdekat itu penting! 


Sakah satu prinsip hidup Ru-Da yang lama kelamaan mulai berubah ketika bertemu lagi dengan Yong-Sik. Tapi, relate juga sih, mungkin kita akan menjadi seperti Ru-Da ketika disakiti.


Jika ada orang yang memukulku, aku harus membalasnya untuk menjaga harga diriku.

0 comments

Posting Komentar

Maaf moderasi terlebih dahulu, karena banyak spam. Terimakasih yang sudah berkomentar :)