Mengenal Ekosistem Digital blu Dan Review Jujur

ekosistem digital blu


Sejak menggunakan aplikasi blu by BCA Digital, hobi fangirling jadi semakin terarah. Kalau kalian punya hobi yang diseriusin, bakalan berusaha banget kan hobinya tetep eksis.

Jika awal pandemi, hobi menanam semakin banyak peminatnya, saya masih tetap dengan hobi yang sudah dijalani saat SMA, dunia fangirling yang membuat saya mengenal banyak teman dari beberapa fandom.

Hobi ini tentu saja tidak hanya menyukai karya dari boyband Korea kesayangan, tapi juga mendukung mereka. Seperti vote, streaming, beli album, beli merch official, kegiatan donasi hingga support kegiatan individu idol.

Apakah melelahkan? Tentu saja tidak, berkecimpung di dunia ini merasakan juga dampak baik, seperti memiliki support system yang tulus, karena sering juga mengadakan donasi kemanusiaan.

Meskipun menyenangkan, penting banget untuk mengatur keuangan, harus pinter mengalokasikan duit untuk pribadi dan untuk hobi yang nggak murah ini.


Aplikasi blu by BCA Digital

Lebih dari 5 tahun menjadi nasabah bank BCA, dan senang dengan segala inovasi dan pelayanannya,dulu pernah ada masalah dengan keyBCA, cepet juga diberikan solusi. Kartu ATM milik orang tua pernah tertelan, cepat juga diatasinya, gak ribet.

Sekarang saya juga pengguna aplikasi blu by BCA Digital merupakan aplikasi mobile banking yang memberikan kemudahan untuk melakukan transaksi financial maupun non financial, serba digital. Semua dilakukan melalui handphone.

Membuka rekening cukup lewat smartphone, nggak perlu ke kantor cabang, buku rekening juga gratis tanpa harus setor awal. Semua bisa pakai, nasabah bank BCA maupun non nasabah ban BCA.

Platform perbankan yang sesuai dengan kebutuhan next generation, praktis tapi mampu memenuhi kebutuhan.

Ekosistem digital blu mampu memenuhi ekspektasi saya. Mengapa? Saat awal pembukaan yang prosesnya mudah. Kemudian untuk verfikasinya, hanya perlu video call oleh tim haloblu. Beberapa saat kemudian, rekening sudah rekening sudah aktif.

Tidak hanya sebagai sarana tabungan digital, tapi banyak manfaat yang bisa kamu gunakan. Apalagi yang doyan transaksi, gratis loh top up E-money dan OVO. Bayar pulsa, paket data, tagihan pasca bayar, dan Internet/TV Kabel juga bisa di Aplikasi blu by BCA Digital

Masih belum sampai di situ saja kegunaannya, aplikasi blu ini dilengkapai juga dengan QR (QRIS), bisa transfer ke BCA, transfer dari BCA, transfer ke Bank lain, dan tarik tunai di ATM BCA. Masih awal peluncurannya, udah lengkap juga nih keunggulannya, semoga selanjutnya semakin banyak fitur dan partner di aplikasi perbankan ini, agar ekosistem digital blu semakin lengkap.


Ini bedanya BCA dengan BCA Digital

BCA Digital merupakan bagian dari BCA Group. Istilah yang lebih uwu, BCA Digital tuh anak bungsunya BCA Group, memiliki layanan dan produknya sendiri. Terpisah dari bank BCA konvensional.

Jadi, meskipun kamu nasabahnya bank BCA, kamu harus tetap registrasi jika ingin menggunakan aplikasi blu. Tenang aja, prosesnya mudah, cepat dan aman.

Seperti yang kamu ketahui, jika BCA memiliki kantor sebagai sebagai kegiatan operasionalnya, sedangkan BCA Digital tidak memiliki kantor cabang, karena serba digital (hanya memiliki 1 kantor pusat). Jika pengguna BCA Digital memiliki permasalahan, bisa langsung ke customer care yang ready 24 jam, atau bisa ke medsosnya (twitter @haloblu) untuk dibantu oleh tim haloblu yang responsif.

Untuk pembukaan rekening, jika buka rekening di BCA dilakukan secara konvensional, datang ke kantor cabang. Lain halnya BCA Digital yang bisa langsung buka rekening lewat aplikasi blu yang mudah, cepat dan terjamin keamanannya. BCA Digital merupakan bank yang lahir seutuhnya dalam dunia digital.



Mengapa menggunakan blu?

Mumpung masih single, harus lebih peduli dengan keuangan, boleh banget fangirling tapi kudu melek financial. Kalau dulu jadi fangirl jalur streaming, sekarang sudah punya penghasilan, mulai nabung untuk beli album, berlangganan konten berbayar dan sebagainya.

Muter otak banget nih, hobi tetap jalan tapi tidak mengganggu kebutuhan personal dan keinginan lainnya. Maklum masih muda, masih banyak maunya.

Kadang pengin dukung idol, tapi kok duit tabungan tercampur semua, nggak tahu bulan ini habis banyak berapa. Perlu banget pakai aplikasi ini agar mempermudah kamu untuk mengatur keuangan, karena ada tracker atau cash flow perbulan.


Atur duit sendiri dulu, nanti lanjut atur duit keluarga kecil.


Atur duit nggak perlu khawatir tentang biaya, karena gratis biaya! Apa saja sih gratis biayanya, cek di bawah ini :

  • Bebas biaya admin.
  • Bebas biaya tarik tunai di ATM BCA.
  • Bebas biaya transfer ke BCA.
  • Bebas biaya transfer dari BCA.
  • Bebas biaya transfer ke Bank lain / Top up Gopay.


Cara registrasi :

  1. Kamu harus Warga Negara Indonesia, berusia minimal 17 tahun.
  2. Siapkan E-KTP.
  3. NPWP(Opsional).
  4. Pastikan internet stabil dan berada di ruang yang terang untuk Video call untuk verifikasi data dengan tim haloblu.

Setelah download aplikasi blu, ikuti langkah selanjutnya untuk pengisian data diri, dan juga pengenalan wajah (foto),  sebelum buka rekening boleh lho dandan cantik dulu.

Tidak hanya nasabah Bank BCA saja, nasabah bank lain bisa juga registrasi. Setelah semua data diisi. Lanjut ke tahap Video call.


Waktu operasional (untuk Video call atau bantuan haloblu) :

Setiap hari pukul 06.00 - 22.00 WIB.

Nanti akan ditanya data untuk verifikasi, foto dengan E-KTP. Pastikan koneksi internet lancar, dan berada di ruangan yang terang.

review aplikasi blu
Video call dengan tim haloblu


Setelah semua proses dilalui, akan ada notif untuk menunggu maksimal 1x24jam untuk aktivasi akun. Ketika saya bikin, nggak nunggu lama, cukup beberapa menit sudah aktif.

Nah, mulai deh kamu bisa menjelajahi fitur blu yang wajib dimanfaatkan secara maksimal. Lengkap lho ekosistem digital blu untuk urusan financial maupun non financial.

Setelah aktivasi berhasil. Sekarang saatnya top up , berhubung saya juga nasabah bank BCA maka saya top up dari rekening BCA.

Memiliki kesamaan visi dan misi, yaitu memprioritaskan peelanggan, blu berkolaborasi dengan blibli untuk memperkuat ekosistem digital blu. Untuk kamu yang senang berbelanja di platform blibli, bisa memanfaatkan penawaran yang ada, seperti membuka akun rekening digial, hingga kemudahan melakukan transaksi pembayaran.


Berikut langkah top up blu dari m-BCA.

  1. Pilih transfer antar bank.
  2. Pilih Bank Digital BCA di daftar Bank penerima, masukan kode Bank Digital BCA (501).
  3. Masukan nomor rekening bluAccount kamu.
  4. Masukan nominal yang diinginkan.
  5. Bebas biaya transfer.

Saat itu langsung masuk transferannya, cashflow langsung tercatat. Nggak perlu pusing lagi catat keluar masuk uang ketika kamu transaksi.


Review Aplikasi blu.

Sebagai K-Popers yang banyak maunya, saya terbantu dengan bluSaving, bisa bikin 10 tabungan dalam 1 rekening. Mengatur keuangan bisa lebih terkontrol, tabungan untuk beli album idol, beli merch, dan kebutuhan saving lainnya bisa terpenuhi.

Penghasilan yang saya terima setiap bulannya, bisa saya atur ke bluSaving, semakin fokus dengan tujuan. Selain itu, akan mendapatkan suku bunga tabungan 3% p.a

Seriusan deh, ini review review jujur aplikasi blu, aplikasi yang memudahkan untuk menabung, transaksi, hingga mengatur keuangan, meskipun masih tahap pemula, karena aplikasinya mudah untuk digunakan.

Fitur - fitur.

  1. Transaksi (Transfer, Bayar/beli, Top up E-Money, QRIS, Tarik tunai).
  2. Simpanan (bluSaving, bluGether, bluDeposit).
  3. Tracker (Cashflow).

aplikasi blu by BCA digital
yeay sudah aktif akun blu


Setelah registrasi dan top up. Saya langsung membuka rekening tabungan di bluSaving.

Ada yang belum bisa membedakan bluAccount dengan bluSaving?

bluAccount merupakan rekening transaksi, sedangkan bluSaving merupakan rekening tabungan yang dananya hanya bisa dipindahkan dari atau ke bluAccount.

Kebetulan nih bulan September, idol favorite yaitu NCT 127 akan comeback dan mengerluarkan album (sepertinya mini album), maka harus menyiapkan rekening bluSaving saat ini juga.

Seperti yang saya jelaskan di atas, selain suku bunga 3% p.a, bisa loh menetapkan target ataupun tidak untuk menabung.

Saya memiliki target untuk menabung dan dana harus terkumpul pada bulan September, jadi saya memilih autodebit setiap minggu agar dananya langsung masuk ke rekening bluSaving.

Bisa juga membuka rekening tanpa ada target, seperti merencanakan liburan. Karena situasi seperti ini, belum tentu jadwal liburan, tapi bisa disiapkan dari sekarang.

blusaving
bluSaving untuk beli album NCT


Untuk review aplikasi blu secara teknis, bisa saya jelaskan secara sederhana. Saya menggunakan android versi 11. memakan 141 MB internal storage. Untuk buka aplikasi hinggu menuju “home”, mulus nggak loading. Aman juga, karena sebelum masuk ke akun kita, harus memasukkan password.

Teman-teman saya juga banyak yang sudah review jujur aplikasi blu, mereka merasakan kemudahan untuk mengatur keuangan setelah saya kasih testimoni untuk dapat mengalokasikan penghasilan, bahkan beli pulsa ataupun paket data, cukup lewat aplikasi blu saja.

Sekarang ini saya masih menggunakan fitur transaksi, kebetulan paket data habis, kemudian memanfaatkan bluSaving. Selanjutnya, ingin coba bluGether, tabungan digital bareng teman, enak nih kalau digunakan untuk join atau patungan merch idol, tinggal cari anggotanya, mau beli printilan yang mana (poster, photocard, dll), apalagi menuju akhir tahu, biasanya bakal bermunculan info Yearbook.

bluGether juga bisa dijadikan ide untuk kegiatan kumpulkan donasi bareng teman untuk setiap bulannya, patungan untuk liburan bareng, dan masih banyak lagi. Tetap senang bareng tapi juga saling mengedukasi untuk kelola duit. 

Selain itu, masih banyak fitur yang bisa dieksplor, atau kamu langsung cobain untuk pakai dan review aplikasi blu setelah menggunakan fiturnya, bisa juga sebar manfaatnya pada next generation jika menabung sekaligus mengatur keuangan tuh mudah.


blu Buat Baik.

blu mengajak kita untuk lebih peduli dengan lingkungan, salah satunya adalah bersama-sama kita menangani masalah sampah.

Dengan ikutan #bluBuatBaik kamu secara tidak langsung menyebarkan kegiatan positif untuk peduli dengan limbah sampah.

Apa sih yang bisa kita lakukan terhadap limbah sampah? Lakukan hal kecil dimulai dari diri kita sendiri, misalnya membawa tempat makan, peralatan makan dan juga tempat minum kemana-mana untuk menghindari sampah plastik sekali pakai, membawa totebag sebagai tas kresek yang berfungsi sebagai kantong belanja. Daur ulag sederhana, seperti daur ulang sampah organik, seperti sisa sayuran bisa dijadikan kompos.

Melalui program #bluBuatBaik yang berkolaborasi bersama Greeneration Foundation dan KitaBisa untuk mengatasi masalah sampah lewat program EcoRanger.

Tujuannya :

  1. Mengurangi emisi karbon sebanyak 303.000 Metric Kilogram C02 pada akhir tahun 2021. 
  2. Mengurangi sampah residu dan meningkatkan jumlah presentase sampah yang dapat didaur ulang.

EcoRanger.

EcoRanger terdiri dari tim lokal yang mempunyai misi mewujudkan pariwisata ramah lingkungan. Berfokus mendorong warga mandiri memilah sampah, dan mengembangkan fasilitas Sentra Kelola Sampah yang kini belum memadai.

Kamu bisa mendukung program ini dengan cara, membuka rekening blu sepanjang tahun 2021. Karena setiap pembukaan rekening, BCA Digital akan berdonasi Rp. 1000 dari dana CSI (Corporate SuSustainability Initiative) atas nama setiap nasabah baru.

Bisa juga dengan cara berdonasi melalui KitaBisa pada campaign #bluBuatBaik , berdonasi mulai Rp.10.000.

Jika kamu juga ingin merasakan kemudahan, kecanggihan aplikasi blu dan merasakan ekosistem digital blu yang selalu berinovasi, langsung saja install di Play Store maupun App Store.

10 komentar

  1. Proses buka rekeningnya mudah ya. Pastinya proses transfer antar rekening juga ya, Mbak? Kalau ke rekening-rekening untuk epayment semisal OVO, ada biaya adminnya, gak ya?

    BalasHapus
  2. aku jadi tertarik nih buat pakai blu juga. ternyata bisa beli pulsa dan data juga ya lewat blu ini. menarik nih

    BalasHapus
  3. Wah, bluSaving ini fiturnya keren banget ya sampe bisa bikin hobi fangirling jadi terarah juga.

    Aku sendiri juga pake aplikasi ini dan paling suka sama fitur tabungan yang bisa misahin jenis tabungan di dalamnya, bikin lebih khusyuk menabung untuk tujuan tertentu hihi

    BalasHapus
  4. BCA memang patut diacungi jempol soal inovasinya, termasuk blu by BCA di artikel ini. Fitur-fiturnya bermanfaat dan diperlukan banget untuk para kaum urban seperti kita.

    BalasHapus
  5. Aku suka belanja di blibli. Jadi lebih gampang kalau pake aplikasi blu digital ini, ya

    BalasHapus
  6. blu buat baik untuk lingkungan kita. nabung uang demi target juga untuk jaga lingkungan kita.

    BalasHapus
  7. Oh jadi kalo ingin akses Blu dari BCA Digital tetep harus buka rekening baru ya?
    Ku pikir jadi satu dengan rekening BCA yang konvensional. Sip deh pengen yang praktis dan juga free biaya admin, harus buka rekening di Blu. Install dulu yaa

    BalasHapus
  8. buat yang hobi belanja di Blibli, punya aplikasi blu by BCA Digital ini sangat pas ya mbak
    bisa dapat banyak promo menarik

    BalasHapus
  9. semakin banyak ya bank digital begini. Benar-benar praktis dan juga bisa membantu dalam mengelola keuangan. ku juga jadi pengen bikin akun jadinya

    BalasHapus
  10. Dengan nabung secara digital kita juga mengurangi penggunaan kertas untuk buku tabungan, bukti setoran dan lain-lain ya Mbak. Aku jadi pengin bikin juga neh sebab fitur-fiturnya itu manfaat banget kayaknya.

    BalasHapus

Maaf moderasi terlebih dahulu, karena banyak spam. Terimakasih yang sudah berkomentar :)
EmoticonEmoticon