Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Cara Mudah Membangun Kebiasaan Membaca

kebiasaan membaca


Bagaimana membangun kebiasaan membaca? Itu merupakan salah satu pertanyaan yang sering diajukan beberapa teman setiap kali melihatku posting buku baru di media sosial. 

Perlu diketahui, kebiasaan membaca dan kebiasaan menimbun buku merupakan hal yang berbeda, hehehe.. 

Jika dibilang aku suka baca, nggak juga, karena masih banyak orang yang lebih sering dan lebih banyak membaca buku.

Perlu diketahui, aku senang membaca namun tidak sebatas media buku, biasanya arikel atau baca status teman-teman, karena keseharianku tuh menulis, jadi kegaiatan menulis dan membaca tidak dapat dipisahkan. Nah, apa sih tujuanmu membaca?


Bagaimana membangun kebiasaan membaca

Sebelum memulai kegiatan membaca yang ingin dijadikan sebagai kebiasaan membaca, perlu tahu nih tujuan membaca, dengan mengetahuinya, nggak akan jadi beban.

Tujuan membaca

Ada yang baca karena butuh riset dari berbagai sumber, ada yang punya tujuan karena kesenangan atau sekedar menghabiskan waktu luang, nggak ada yang salah, yang salah tuh kalau baca berita hoax kemudian disebarkan, maka perlu kehati-hatian jika mengambil sumber referensi.

Bahkan kebiasaan membaca menjadikan kita lebih kritis, karena membuat kita sadar kalau masih ada banyak hal yang tidak kita ketahui di dunia ini. Ada yang bilang, kalau kemampuan literasi seseorang nggak sama dengan kemampuan membaca, nah loh..

Siapa yang sering baca tapi gagal paham dengan apa yang dibaca? Ketika membeli barang, padahal sudah diberitahu harga barang tersebut, namun masih aja tanya harga pada penjual.

Namun, di sini pembahasannya lebih ke membaca buku, nggak hanya buku pelajaran tapi buku apa saja, novel, kumcer, grafis atau komik, dengan tujuan meningkatkan ilmu maupun hiburan. 

Di sini aku mau sharing tentang 10 Cara Mudah Membangun kebiasaan Membaca berdasarkan pengalaman dan beberapa cara ambil dari buku Atomic Habits yang aku pelajari, nanti deh kalau ada waktu, aku ulas beberapa hal tentang buku tersebut.


Berikut 10 Cara Mudah Membangun Kebiasaan Membaca :

  1. Memilih tema bacaan yang kamu sukai : Lakukan sesuatu dengan perasaan senang akan membuaku tidak akan terbebani, begitu juga jika kamu ingin memulai kebiasaan membaca, pilih tema atau genre buku yang kamu suka, misal baca buku dongeng, baca komik, novel grafis atau lainnya.
  2. Fokus pada 3-10 halaman pertama : Baca 3-10 halaman pertama, jika kamu tertarik, maka teruskan, jika tidak maka ambil buku baru.
  3. Tetapkan target harian (small target) : Banyak buku yang belum sempat dibaca, tapi kalau mau beli yang baru merasa bersalah, hayo siapa yang kayak gitu? Maka tetapkan target harian, misalnya 20 halaman perhari, berarti selama seminggu sudah membaca 140 halaman, lumayan kan.
  4. Membaca kembali buku favoritemu : Kalau yang satu ini, khusu buat kamu yang sebenarnya terbiasa membaca tapi kok males dan jadi kelamaan nggak baca buku lagi. Yuk, mulai dengan membaca kembali buku favoritemu, bangun mood secara perlahan agar kegiatan senang membaca bukan menjadi paksaan.
  5. Membaca buku dengan halaman yang sedikit : Memulai cara dengan cara yang mudah, seperti membaca buku yang halamannya sedikit, apalagi kalau ceritanya seru, bakalan cari buku lain yang setema.
  6. Ajak teman untuk membaca buku : Agar kegiatan membaca jadi semakin seru, ajak temanmu untuk jadi teman membaca, pilih buku yang akan dibaca, kalau bisa sih setelah selesai bisa loh kamu dan temanmu mendiskusikan buku tersebut.
  7. Posisi baca yang baik : Posisi baca menentukan kenyamanan mata dan badan kamu agar tidak cepat lelah. Meskipun hal ini sering diabaikan, bisa-bisa akan berlanjut ke kesehatan yang tidak baik, 
  8. Motivasi dari tokoh terkenal : Bagaimana kisah sukses J.K Rowling, apa yang jadi kendala Dewi Dee menulis novel, nggak bisa dipungkiri jika kisah perjalanan hidup tokoh terkenal khususnya penulis membuat kita menjadi penasaran tentang proses kreatif, hobi, keseharian. Dari kisah para tokoh, kamu akan dibuat penasaran dan ingin menggali lebih dalam, seperti buku apa sih yang dibaca oleh para tokoh sehingga karyanya membuatmu kagum.
  9. Mencoba baca dengan media yang berbeda : Jika biasanya membaca dengan media buku, bisa coba pengalaman melalui e-book atau audiobook, bisa jadi kamu memang tidak nyaman dengan baca teks karena lebih suka jika mendengarkan audiobook yang punya banyak pilihan buku.
  10. Menjadikan membaca seperti kebiasaan sehari-hari (mandi, makan, dll) : Cara ini efektif karena aku juga melakukannya, setiap hari memiliki target membaca beberapa halaman, agar mencapai target, setelah melakukan kegiatan, selipkan kegiatan membaca. Setelah olahraga, baca 2 halaman, setelah mandi, baca 3 halaman dan seterusnya, jadi seperti sistem nyicil karena diikutkan ke dalam kegiatan sehari-hari.


Rekomendasi bacaan untukmu 


Semoga minat bacamu jadi semakin tinggi, tapi jangan menyemarakkan adanya buku bajakan, baca bacaan dengan cara legal, stop beli buku bajakan! Jadi, apa kamu punya cara lain agar bisa membangun kebiasaan membaca?

Posting Komentar untuk " 10 Cara Mudah Membangun Kebiasaan Membaca"