Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Omah Kenangan Surabaya, Kuliner Rumahan Bersejarah

Omah kenangan surabaya



Beberapa saat yang lalu menyempatkan diri untuk mampir ke Omah kenangan, karena beberapa terakhir ini sering muncul di media sosial. Jika dilihat memang seperti rumah makan pada umumnya, tapi ada yang unik nih.

Omah kenangan merupakan rumah istri keenam Presiden Sukarno, yaitu Ibu Haryati di Surabaya, nggak heran deh karena di setiap sudut rumah bisa lihat berbagai foto jadul keluarga besar. Lumayan dong, kulineran sambil mengenal romantisnya sejarah.

Beruntung sekali bisa menikmati sensasi makan yang berbeda, karena lokasinya lumayan sempit, maka nggak jarang harus reservasi dulu kalau mau ke sini ketika jam makan siang. Tips yang bisa kamu coba, ke sini setelah jam makan siang, sekitar jam 1 lebih gitu lah.

lokasi omah kenangan sby



Lokasi Omah Kenangan, Surabaya.


Lokasi omah kenangan terletak di Jl. Cipunegara No.44, RW.06, Darmo, Kec. Wonokromo, Kota SBY, Jawa Timur 60241, di bawah udah aku sematkan link gmaps yak!

Rumah yang dibikin jadi tempat makan, harap maklum kalau tempatnya sempit, tapi ketika datang ke sana, seperti ada bangunan yang mau dipugar entah untuk pelebaran lokasi atau untuk hal lain.

Tempat parkir yang lumayan sempit, tapi nggak perlu khawatir karena ada tukang parkir yang bakalan nolongin kamu, sepertinya bakalan parkir di area yang agak jauh dari lokasi.

Di sebelahnya, ada tempat kuliner ketan Surabaya dan cafe, bisa loh setelah makan berat, masih pengin incip makanan penutup yang manis.

Setelah masuk, nanti kamu akan diarahin ke lantai 2, tempat makanannya, kalau ramai pengunjung, bisa menikmati foto-foto jadul di berbagai ruangan.

Menu di Omah Kenangan.


Menu yang ditawarkan dominan menu masakan rumahan, setiap hari menunya ganti, tapi ada menu yang setiap hari ada dan yang paling dicari yaitu rawon.

Rasa kluwek yang dominan, labu siam, toge yang kecil dan potongan daging cukup besar membuatmu ingin nambah lagi dan lagi, kamu juga bisa tambah telor asin.

menu omah kenangan sby



Selain rawon, sekilas lihat menu iwak pe, tahu dan telor bali, sambal goreng kentang, aneka menu sayur dan masih banyak lagi. Menunya lebih ke makanan sih, kalau minumnya, bisa pilih air putih atau minuman kemasan lainnya.

Kalau mau ngopi, bisa loh pesan di cafe vasco yang letaknya di samping, terus bawa ke omah kenangan, atau setelah makan langsung mampir nongkrong cantik ke cafe.

Sayangnya, ketika ke sana yang jaga hanya satu orang, yaitu Bu Eni, beliau yang masak sekaligus terima pesanan dan rapikan piring-piring kotor, belum ada yang bantuin.

menu makanan favorite omah kenangan



Jadi, harap maklum ketika ke sana masih ada piring kotor yang berserakan, nanti kalau Bu Eni agak selow, beliau akan beresin atau kamu bisa tumpuk piring kotor di satu tempat, agar mempermudah Bu Eni angkut ke dalam.

Bu Eni merupakan dari Bu Haryati, dan masakan beliau mantap banget, medhok bumbunya. Seporsi rawon sekitar 20ribuan, kalau lagi sengang, beliau suka loh ditanya-tanya perihal omah kenangan dan cerita Bu Haryati.

Rumah makan ini buka dari jam 11 siang dan tutup sampai sore, ketika di sana, jam 3 sore udah tutup, beneran deh di sini tuh ramai banget, jadi buruan aja ke sini atau reservasi dulu jika ingin ngajak rombongan.

hal menarik di surabaya





Rekomendasi cafe dan tempat makan lainnya 



rumah makan vintage surabaya




Omah kenangan.

Buka jam 11 pagi hingga habis (biasanya jam 3 sore tutup).
Menu makanan rumahan, spesial rawon.
Harga mulai 20ribuan.
Parkir cukup untuk motor.

Lokasi : Jl. Cipunegara No.44, RW.06, Darmo, Kec. Wonokromo, Kota SBY, Jawa Timur 60241

Posting Komentar untuk "Omah Kenangan Surabaya, Kuliner Rumahan Bersejarah"